Thursday, November 22, 2007

Pasien RS Dharmais Mati Melulu & Dokter Ngibul


Hidup matinya seseorang ada di tangan Tuhan. Begitu yang selalu kita dengar. Tapi sebetulnya ada banyak hal yang mempengaruhi kematian seseorang.

Banyak pasien RS Kanker Dharmais meninggal karena mereka terlambat datang. Pasien sudah dalam stadium lanjut, yaitu stadium 3 atau 4, sehingga sulit ditolong, kata Dr. Roland A. Hukom dari RS Dharmais.

“Pasien mati melulu …. karena …telat ….,” begitu kata dokter yang dalam kartu namanya tertulis gelar SpDD-KHOM alias Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik.
Aku terperangah mendengarnya. Bukan faktanya yang membuatku terkejut, tapi pemilihan kata-katanya. Tapi baiklah, mungkin aku terlalu sensitif. Kita simak saja apa kata dia selanjutnya.
Oh ya, dia bicara dalam Temu Pasien Kanker Payudara: “Mengobati Kanker Payudara: Peluang Kesembuhan dan Akses Terhadap Pengobatan Inovatif.” (Cerita tentang peluang kesembuhan pasien kanker dapat dibaca dalam tulisan Slow but Sure? No Way..!)
Acara ini diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia dan Roche Indonesia pada tanggal 30 Oktober 2007 dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara yang jatuh setiap bulan Oktober.
Selain menekankan pentingnya deteksi dini kanker untuk menambah peluang hidup, acara ini juga mengungkapkan bahwa pasien tak dapat begitu saja mengandalkan dokter.
Danti, yang sudah berada pada stadium 4, mengatakan bahwa ia selalu berusaha mencari tahu melalui berbagai sumber, termasuk Internet, mengenai segala sesuatu sehubungan dengan penyakitnya lalu membahasnya dengan tim dokter yang menanganinya.
.
Dr. Roland mendukung pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa memang peran aktif pasien diperlukan.
Pasien dan keluarga dianjurkan mencari tambahan informasi sendiri, misalnya melalui Internet "...supaya tidak dikibulin."
Ia mengakui bahwa kadang-kadang dokter "ngibul" dan tak selalu dapat memenuhi harapan pasien dalam hal pelayanan yang prima karena tak ada waktu akibat banyaknya pasien yang antre.
Dalam kesempatan itu Dr. Roland menyinggung tentang banyaknya pasien yang memilih berobat ke luar negeri, terutama Malaysia dan Singapura.
Seusai temu wicara, ketika aku mempertanyakan mutu pelayanan dokter Indonesia yang kurang baik, kembali ia mengemukakan bahwa hal itu karena dokter terlalu sibuk menerima pasien.
“Di Singapura, (pendapatan) dokter tak terpengaruh oleh jumlah pasien. Satu pasien atau 50 pasien sama saja,” katanya.
Apa yang dikatakan Dr. Roland masih perlu dikonfirmasikan. Di RS pemerintah negeri berlambang singa itu, mungkin demikian keadaannya, tetapi penghasilan dokter yang berpraktek di RS swasta mungkin juga tergantung dari jumlah pasien yang ditangani. Tetapi yang jelas banyaknya jumlah pasien bukan alasan untuk mengurangi mutu layanan kesehatan.
Di Indonesia, khususnya Jakarta, pendapatan dokter tergantung dari jumlah pasien. Semakin banyak uang yang dikeluarkan pasien, semakin banyak komisi yang diterimanya.

Dua tahun yang lalu, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang membatasi praktek dokter, kata Dr. Roland. Berdasarkan peraturan yang dimaksud, yaitu UU No.2/2005 tentang Praktek Kedokteran, dokter hanya boleh praktek paling banyak di tiga tempat.
Tapi tampaknya peraturan itu belum efektif untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan. Pada kenyataannya masih ada dokter yang menerima puluhan orang pasien setiap harinya sehingga pasien harus menunggu berjam-jam untuk berkonsultasi selama 10 – 15 menit.
Sebetulnya, yang lebih penting adalah, bukan jumlah tempat praktek dokter yang dibatasi. Untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan, dokter harus lebih banyak meluangkan waktu untuk memperhatikan pasien. Selain itu, bukan hanya pasien yang perlu mencari informasi mengenai penyakitnya, dokter juga perlu menambah pengetahuannya.
.
Dan itu hanya bisa dilakukan kalau dokter tak lagi mengejar setoran dari pagi hingga malam.. (Ah.. emangnya sopir metro mini …. )
.
“Gaji dokter di RS itu kecil… Mereka banyak mendapatkan uang dari pasien,” kata seorang dokter kenalanku.
“Apakah fifty-fity?” aku bertanya.
“Oh tidak…. Dokter mendapat lebih. Mungkin 60:40,” katanya.
.
Sistem bagi hasil atau komisi jelas merugikan pasien. Sistem semacam ini harus diubah.
Managemen rumah sakit tak boleh hanya mementingkan sisi komersil dan pemerintah juga harus turut memperhatikan hal ini dan turun tangan untuk membenahinya.
.
Kalau tidak, maka semakin banyak pasien yang akan ke luar negeri. Semakin banyak pasien yang dikibulin dokter dan semakin yang mati di RS Kanker Dharmais dan RS-RS lainnya di negeri ini.
.
Photo credit: kalo ga NUH ya Mt E.

23 comments:

amd said...

dokter geblek, ngomong kok gak asal aja. Huh, pingin kujitak aja rasanya...*gemes bin jengkel dotkom*

care said...

kita harus menyadari bahwa dokter juga manusia. sepinter apapun orang, dia juga 'just a human being'. yang penting kita harus selalu berdoa, semoga kita tidak akan pernah sakit, sehat terus.ammmieeen....

Anonymous said...

PENYEMBUHAN KANKER TUMOR & KISTA

Salam sejahtera,
Perkenalkan dulu nama saya Untung Djunaidi tinggal di jl. Cempaka Wangi II No.36 Rt.10 Rw.9 Kelurahan Harapan Mulia Kecamatan Kemayoran Jakarta Indonesia 10640 Lt.3 No.9 Hp.085814584444
Saya mau memberikan informasi tentang penemuan saya, yaitu:
1. Terapi pijat.
2. Param buatan sendiri dengan formula khusus.
Terapi dan param ini menyembuhkan penyakit sejenis kanker, tumor dan kista secara total tanpa operasi, kemoterapi maupun yang lainnya. Telah saya uji coba pada beberapa penderita stadium awal dan menengah. Pijat saya lakukan 1 minggu 1 kali dan param 3 jam sekali. Hasilnya, dalam waktu 3 minggu sel kanker dapat di lumpuhkan. Menginjak minggu ke-4 berangsur angsur hilang tanpa penyebaran ke bagian tubuh lain setelah proses penyembuhan.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Salam


Untung Djunaidi

Anonymous said...

Informasi dikit.....
Kita harus bisa terapkan hidup sehat.Jangan sering makan yang serba dibakar,seperti steak, sate, ayam bakar dll.Karena makanan tersebut mengandung karsinogen. zat pendukung kanker.apalagi yang punya turunan kanker,misalnya neneknya, atau mamanya pernah punya penyakit kanker.JunkFood juga jangan terlalu berlebihan. Perbanyak makan sayuran, kedelai,buah, zat yang dikandung dapat menghentikan atau mencegah kanker yang datang tidak diundang tapi baru terasa bila telah parah

Anonymous said...

dharmais memang dharmais...

Nita said...

tidak ada manusia sempurna didunia ini. Sekalipun dokter,dia hanya manusia, hidup mati seseorang sudah ditentukan oleh Tuhan. Namun, sebagai orang yang berpendidikan layaknya kita memilih kata-kata yang baik untuk disampaikan ke orang lain, agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Dan sebaiknya jika sudah terindentifikasi memiliki kanker agar secepatnya diobati, dan akan lebih baik lagi jika kita mencegahnya dengan menjaga pola makan dan olahraga

rico said...

mati????????????????????????????????
(emangnya ayam....)
mungkin perasaan dokter itu yg mati!
cobalah gunakan bahasa yg santun,jaga perasaan keluarga pasien yg ditinggalkan.

obat kanker said...

emang yang menderita kanker pasti mati ya??? takut ne ada keluarga yang kena kanker

Anonymous said...

Solusinya,ambil insurance yg terpercaya untuk berjaga2 dari resiko hidup,siapa sih yg mau sakit? Tp sayangnya sakit datang walaupun kita gak ada yg minta..be wise

rusni said...

Aswb.

Untuk pengobatan kanker secara tradisional, bisa makan buah sirsak / rebusan daun sirsak, katanya lebih hebat dari kemoterapi, bisa juga minum juz lemon, dll. bisa klik www.cindrarusni.blogspot.com.

Semoga bermanfaat!.

Rusni.

Anonymous said...

duh jd bingung...ksian papa sya,mo diobatin dmn lagi nih...didarmais ada berita begini...disana ada berita bgitu...haduh....

Kumpulan Perjalanan Ruhani said...

kami spesialis Tumor dan kanker. hebatnya lagi tanpa operasi. silahkan berduyun-duyun untuk kesembuhan ke klinik kami. kanker apa saja.

021-30599022
https://www.facebook.com/pages/RA-Klinik-Spesialis-Tumor-Kanker/161041717311729

Anonymous said...

banyak kawan saya, khususnya penderita kanker otak, yang tak punya harapan berobat di rs dharmais akhirnya memperoleh kesembuhan di rs mount miriam penang.

husnul said...

aslkm mba,
apa kabarnya?
lama ya tidak posting lagi.
teman-teman disini, aku ada informasi bagus nih
di sebuah rs. kanker jakarta sekarang ada metode imunotherapy untuk kanker dan hasilnya memuaskan. immunotherapy itu bentuk terapi alami yg dilakukan oleh tubuh penderita, dan klo teman2 sedang melakukan kemoterapi saya sarankan pakai imunoterapi jg ya.
jadi melawan kankernya dari luar dan dalam tubuh. untuk info silahkan tlp/ sms aku ke 0877 2288 4450 ya, pin bb by request. jangan sungkan ya, aku siap bantu, semoga informasi ini menambah besarnya harapan teman2 untuk sembuh lebih cpt.

Anonymous said...

great extent to be successful Why news paper [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ[/url] shield along with the over-head shield [url=http://www.myhandbagsjp.com]ルイヴィトン 通販[/url] products are created from the best [url=http://www.myhandbagsjp.com]ルイヴィトン 財布[/url] said in an interview B & Q's first train [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ専門店[/url] Water Supply Swimming Pool and Spa Plants [url=http://www.sheepskin2013.com]Christian Louboutin Outlet[/url] apps and to run many applications http://www.tonyluxury.com ever and a day love to include in her
Access for Maintenance and Facilities for [url=http://www.myhandbagsjp.com]ルイヴィトン[/url] dgager le nez et les sinus Le Baume du Tigre [url=http://www.burchjp.com]トリーバーチ 靴[/url] from those first night out meals They have [url=http://www.sheepskin2013.com]Christian Louboutin shoes[/url] and I went the other After a few minutes my [url=http://www.myhandbagsjp.com]ルイヴィトン 財布[/url] beans adenoma regrettably quarreled [url=http://www.louboutinb.com]christian louboutin shoes[/url] time of 6 hours and 30 minutes Media and http://www.louboutinf.com second campaign The sign up cost covers the

Anonymous said...

spendthrifts .With its ostentatious displays of opulence and a [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] for the top of the pumpkin. Some jack o lantern carvers favor [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] amongst men and revolutionized the whole purpose of how the jeans [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] to win the game make a great topic to discuss with loved ones
of your forearm should be able to pass easily through with a [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html[/url] needs of the client opposite to the mass manufactured readymade [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] base, so that they can see as many cards as possible before it [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] before any carving begins. Once youve started, the moment it
for the way sturdy these are. Obviously is actually will never [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] jack can be just as much fun at home as it is in a physical casino. [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] can be enjoyed by adults of all ages. Playing online black jack [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]tory burch outle[/url] larger the generator power level an a lot quicker the particular

Untung Djunaidi said...

Nope saya ganti menjadi 081218 4444 96
Bagi yang menghubungi di nope lama, saya mohon maaf sebesar-besarnya bila tidak dapat terhubung.
Salam

Ekstrak Daun Sirsak untuk Kanker said...

Minum sari rebusan daun sirsak ampuh sekali untuk melawan kanker. Berdasarkan penelitian University Purdue, Amerika Serikat, terapi daun sirsak 10.000 kali lebih efektif dalam mengobati kanker daripada kemoterapi konvensional.

Selain itu, juga jauh lebih aman daripada radioterapi ataupun kemoterapi karena acetogenins, senyawa aktif pelawan kanker yang ada pada daun sirsak, hanya membunuh sel-sel kanker dan tidak mengganggu sel-sel yang sehat.

Untuk mendapatkan ekstrak daun sirsak yang murni dan berkualitas tinggi, silakan hubungi 0857-1632-0490 atau Pin BB 2B0D5B56, atau kunjungi http://www.kedaihemat.com/shop/produk-herbal/antioksidan-tea-ekstrak-daun-sirsak/

Dinda Radhiyanti said...

Ini gan alternatif untuk penyakit kanker selain ke dokter yang di rumah sakit besar. Beliau namanya Dr. Warsito P Taruno silahkan di searching tentang dia dan alat alatnya itu. Oh ya ini alamat praktek nya : Jl. Jalur Sutera Kavling Spektra Blok 23 BC No. 10-12 Alam Sutera, Tangerang.

ran said...

@dinda radhiyanti
Apakah anda pernah mencobanya? Dan pernakah berhasil?

Mahkota Medical Centre Surabaya said...

Selamat Pagi, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA danang : +6281 331777697
Line tasya : +6281 4026 2166
Phone firda: +6283 8300 28050
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

USAHA MIKRO said...

Siloam komersial habis...

USAHA MIKRO said...

Siloam komersial habis...