Tuesday, October 20, 2009

Penkiler jenerik


Cara termudah untuk mengatasi rasa sakit adalah dengan minum obat anti nyeri alias painkiller. Tapi hati-hati! Jangan sering-sering meminumnya. Banyak efek sampingan yang dapat menimpa kita, antara lain sakit maag jika obat diminum saat perut kosong, atau gangguan jantung kita mengkonsumsi dalam dosis tinggi. Selain itu kita juga bisa kebal terhadap obat itu.
Ada yang mengatakan bahwa painkiller dapat diganti dengan aromateraphy, minum wedang jahe dicampur cengkeh dan ramuan tradisional lainnya. Tapi aku belum pernah mencobanya, kecuali minum wedang jahe yang memang membuat badan hangat.
Sebetulnya aku tidak suka minum obat. Tapi apa boleh buat. Kalau tak tahan sakit, aku terpaksa menelannya juga.
Pernah aku minum Ponstan, yang katanya bukan merupakan obat keras. Dokter juga pernah memberiku ramuan campuran antara panadol dan entah apa namanya, yang juga termasuk ringan.
Ketika rasa sakit semakin menyengat, hari Kamis, 15 Oktober 2009, aku sempat minum Moxam dalam dosis kecil, hanya ½ tablet, 2x sehari. Tapi nggak mempan. Sehari setelah itu, ditambah dengan painkiller lain, yaitu Zaldiar ½-1 tablet.
Hari Minggu enakan, tapi hari-hari berikutnya sakit lagi. Sampai akhirnya aku menjalani terapi chi (tenaga dalam). Rasa sakit berkurang, tapi masih ada. Jadi aku belum berani meninggalkan painkiller.
Setelah Moxam dan Zaldiar habis, aku minum obat anti nyeri yang masih tersisa beberapa biji, yaitu Ponstan dan campuran Panadol.
Si empok yang merupakan ratu dapur dan penguasa mesin cuci serta meja setrika merangkap pencuci mobil dan pembersih rumah rupanya prihatin dengan kondisiku.
Ia juga sering mengalami rasa sakit pada kaki, terutama ketika bangun tidur. Ketika sakit tak tertahankan, ia ke dokter dan diberi obat murah meriah yang manjur.
“Tetangga-tetangga pada minta contoh obatnya. Mereka kalo sakit juga minum obat itu,” kata empok.
“Mau coba? Kali-kali cocok,” katanya.
Keesokan harinya ia membawa bungkus obat itu. Ada dua macam. Dexamethasone 0.5 mg dan Piroxicam 10 mg
Aku lalu mengirimkan SMS ke dokter, yang ternyata tidak menunjukkan keberatan terhadap obat itu.
Harga Panstan tidak mahal. Seingatku, dulu aku pernah membelinya di toko obat di Pasar Palmerah seharga belasan ribu rupiah, tetapi di apotik bisa lebih dari Rp 20.000 untuk satu strip berisi 10 tablet. Sedangkan Moxam dan Zaldiar jauh lebih mahal.
Meskipun dalam kemasannya tertulis HET (Harga Eceran Tertinggi) sebesar Rp 80-an ribu, tetapi di apotik harganya Rp 90-an ribu per strip berisi 10 tablet.
“Kalo obat saya sih hanya Rp 2.500,” kata mpok.
Masa sih? Murah amat. Aku minta mpok membelinya dengan memberikan uang Rp 20.000. Kembaliannya Rp 17.500. Jadi Rp 2.500 itu untuk kedua macam obat itu, masing-masing 10 tablet.
Murah karena itu adalah obat generik.
“Biarpun obat generik, kalau memang cocok, ya bisa aja,” demikian komentar bu dokter.
Pagi ini untuk pertama kalinya aku minum obat generik itu. Syukur alhamdullilah. Puji Tuhan. Haleluya. Kakiku tidak terasa begitu sakit. Obat itu aku minum sekitar jam 6:30 pagi dan sekarang sudah hampir jam 8 malam.
Mungkin juga itu karena terapi chi yang aku jalani. Dan yang pasti juga karena kuasa Tuhan. Oh ya, sudah hampir setahun tidak berlatih reiki, dua malam ini aku mulai latihan lagi lho...

7 comments:

Anonymous said...

SANGAT LUAR BIASA ! KEAJAIBAN ! MENAKJUBKAN ! TIDAK MENGGUNAKAN JARUM & TANPA DI OPERASI

Ramai yang sudah datang berobat dan sembuh. Yang tak boleh jalan sudah berlari. Yang tak boleh bangun sudah bisa jalan. Bagi anda yang belum, segeralah berobat. Selagi ada kesempatan! Jangan tunggu lama-lama.

Anda mengidapi penyakit tersebut?
Kidney/ Dialysis/ Diabetic, Cancer 1st/2nd/3rd stage, Multiple Stroke,
HIV/ Aids, Parkinson Syndrome, Leukemia/Lupus, Bone Marrow, Thyroid/Fibroid, Heart Disease, Gout, High or Low Blood, Etc.

THE MIRACLE HEALER boleh mengeluarkan penyakit secara keseluruhan. Percayalah!
* Satu cara pengobatan yang dapat membantu anda menikmati kehidupan seperti sebelumnya. Pasti!
* Pembiayaan rendah dan pengobatan yang efektif sekaligus penyembuhan dalam jangka waktu yang pendek. Percaya atau tidak!

Address : No. 29 Mackenzie Rd, Mackenzie Regency, Singapore
Email : themiraclehealer@yahoo.com.sg
Tel : 65-90826299

Anonymous said...

You оught to take ρaгt in a contest
fоr one of thе mοst useful websitеs on the inteгnet.

I'm going to recommend this website!

Also visit my web-site web

Anonymous said...

Thеse are genuinely еnormouѕ iԁeas in on thе topіc of blοggіng.
Yοu havе touched some nice points here.
Any ωay keep up wrinting.

my webpаge :: crear facebook gratis

Anonymous said...

I do аgree with all thе ideas yοu hаvе
offеred іn youг post. Thеy're really convincing and will definitely work. Still, the posts are too brief for beginners. Could you please lengthen them a little from subsequent time? Thanks for the post.

Here is my web site crearfacebook.webs.com

Anonymous said...

whoah thiѕ blog iѕ grеаt i love гeading your
aгticles. Keep uр thе good woгk!
You underѕtanԁ, a lot of perѕons are searchіng around for thіs information,
you сan аid them greatly.

Also ѵisit my blog post; abrir cuenta facebook

Anonymous said...

I am in fact grateful to the οwner of this ѕіte who has
ѕhаrеd this іmpressiѵe paragrаph at аt this timе.


my web-site; crear facebook

Anonymous said...

Нello! This рost couldn't be written any better! Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this post to him. Fairly certain he will have a good read. Thanks for sharing!

Also visit my web-site - abrir cuenta facebook