Tuesday, August 5, 2008

Berkebun yuukk...

Berkebun ternyata bagus untuk melawan kanker. Di Georgetown, sebuah kota di Amerika, ada organisasi nirlaba Hope in Bloom yang khusus membantu penyintas kanker berkebun.
. Tenaga sukarela dari organisasi ini datang ke rumah penyintas kanker yang masih menjalani pengobatan dan menanami kebunnya dengan aneka bunga sesuai permintaan.
. “Ini adalah hadiah yang luar biasa,” kata Kathy Makiver, 46, yang tahun lalu menjalani pengobatan kanker payudara dan sekarang terkena kanker rahim sehingga perlu dikemo.
. Kathy senang dapat bersantai di taman yang indah dan menikmati hobi berkebun bersama Hope in Bloom, yang sudah membuatkan taman bagi 41 pasien kanker.
. “Berada di taman bunga atau berkebun menurunkan tekanan darah, meredakan stres, dan mengurangi rasa cemas,” kata Roberta Dehman Hershon, pendiri Hope in Bloom.
. Berbeda dengan karangan bunga yang mudah layu, taman yang dirawat akan berkembang semakin indah. Bahkan dapat membantu pasien dalam proses penyembuhan.
. “Pasien saya yang kebunnya ditanami merasa nyaman, ada efek kesembuhan serta sungguh menyenangkan,” kata Dr. Gerburg Wulf dari Breast Care Program di sebuah rumah sakit setempat.
. Ketika taman Paula Cavallaro ditanami bunga-bungaan tahun lalu. Pensiunan guru yang menderita kanker payudara itu berkata dalam hati, “Aku ingin hidup untuk melihatnya bersemi.” Dan iapun tetap hidup.
. “Aku ingin sesuatu yang indah dan cantik, serta teduh,” ujarnya. “Juga tempat burung-burung singgah.”
. “Senang sekali bisa keluar dan menyiangi kebun dan menanam. Menyentuh tanah dan terlibat dengan kegiatan alam. Hidup adalah siklus. Bunga berkembang dan mati dan ada tunas baru di musim semi. Hidup kembali. Ini memberimu harapan.”



http://www.boston.com/news/local/articles/2008/07/31/planted_with_love_gardens_help_cancer_patients_heal/

7 comments:

Elyani said...

Aku juga senang melihat tanaman dan bunga2, tapi tanganku ini gak dingin buat nanam2. Mungkin harus dicoba ya? kalau bikin kue sih gagal juga pasti nekat nyoba lagi. Tapi untuk tanaman? aku belum ngerti triknya.

sima said...

aku juga senang menikmati taman yg indah, yg hijau, teduh ... tapi jarang berkebun. kemarin aku coba nih, duduk di bangku kecil, korek2 tanah, bersih2in batu2an sampai sekitar 1 jam. tadi pagi punggung mau sakit banget :(
trus... masa tadi aku lihat si lulu buang kotoran di tanah yg udah digemburin itu. mungkin dia kira aku bikinin wc buat dia ya? atau mungkin dia mau kasih pupuk... hehehhe...

VisitoR said...

wah blognya bagus, saya senang baca postingannya, besok saya mampir sini lagi ya.. salam.
http://www.gardeningplan.blogspot.com

sima said...

trims ya ..
boleh mampir kapan saja.. :)

HERVIN said...

hemmm asik juga nih kegiatannya, bisa buat refreshing ya...
salam kenal

obat kanker said...

berkebung adalah kegiatan melepas penat..apalagi berkebun bunga selain cantik dipandang mata bunganya juga harum..

rental laptop said...

berkebun memang sangat menyenangkan, kadang di waktu luang pun kita sering melakukannya.