Sunday, January 20, 2008

Alternatif Pengobatan


Kemarin ada email dari pengunjung blog, bertanya tentang pengobatan alternatif.

Pengetahuanku tentang pengobatan alternatif ya sebatas dari apa yang kualami, kudengar dan kubaca.

Banyaaaaaakkk sekali informasi mengenai pengobatan alternatif yang katanya bisa menyembuhkan kanker.

Itu kan katanya.... Kenyataannya bagaimana? Yang bisa mengatakan manjur atau tidak adalah pasien itu sendiri, bukan penjual jasanya. Iya nggak?

Bulan Oktober 2007 aku ikut acara temu pasien kanker payudara yang diadakan oleh Roche dan YKI dan mendengar pengalaman seorang ibu mengenai pengobatan tradisional. Ibu Anu (aku ga tau namanya) bercerita tentang saudaranya yang mencari pengobatan alternatif untuk mengobati kanker yang dideritanya.

Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana sistem pengobatannya. Setelah datang beberapa kali dengan menghabiskan biaya yang cukup banyak, kondisinya melemah. Dan alangkah kagetnya si Ibu Anu melihat ada gambar saudaranya ditempel di tempat praktek pengobatan tersebut dengan tulisan SEMBUH TOTAL. Tak lama setelah itu, saudaranya meninggal.

Ada seorang rekan di kantor yang istrinya menderita kanker payudara dan sembuh setelah menjalani pengobatan alternatif di Jateng. Rekan yang lain bernasib buruk. Istrinya tak kunjung sembuh meskipun ia berobat di tempat yang sama. Ia kemudian ke dokter, tapi tak tertolong.
Salah satu dokterku cerita, tantenya meninggal karena kanker. Tantenya itu nggak mau ke dokter beneran, dia memilih pengobatan alternatif dengan lintah.

Tahun 2006 aku pernah ke sinshe untuk tusuk jarum karena dengkul kanan bermasalah, agak bengkak dan sakit kalau jongkok atau naik turun tangga. Hasilnya cukup bagus. Setelah tusuk jarum 10 kali ditambah minum 4 botol obat tradisional Cina, aku ga merasa sakit lagi.

Sekitar minggu ke tiga bulan September 2007 tangan kananku kesemutan dan sakit, bahkan susah mengangkat tempat air minum berkapasitas 2 liter-an. Dokter khawatir, jangan2 ini diakibatkan oleh kanker yang menyerang tulang belakang bagian atas (dekat leher). Untunglah pemeriksaan MRI menunjukkan tak ada penyebaran baru di bagian itu.

Aku sempat ke dokter yang juga ahli tusuk jarum untuk berobat. Setelah ditusuk sekali, rasanya membaik. Hebat ya. Tapi kemudian agak sakit lagi. Dokter itu bilang, proses penyembuhan agak lama karena dia hanya bisa mengobati melalui tusukan di tangan kiri serta kaki kanan dan kiri. Tangan kanan tidak boleh ditusuk karena kanker menyerang payudara bagian kanan. Aku sempat datang beberapa kali, lalu berhenti karena tidak telaten.

Aku percaya dengan obat tradisional dan pengobatan alternatif yang baik. Tapi aku nggak mau ambil resiko. Aku masih banyak bergantung pada obat modern, disamping mengkonsumsi "obat tradisional" berupa jus buah2an (termasuk mengkudu yang katanya anti-kanker) dan tumis jamur (namanya cantik, jamur portabella /lihat gambar, banyak dijual di super market, katanya juga anti-kanker). Selain itu aku juga minum kapsul jamur maitake yang katanya juga anti-kanker (tapi aku sebetulnya rada malas minumnya..). Oh ya, kalau nggak lupa, sebelum berangkat ke kantor, aku memetik satu helai daun tanaman (namanya Penyambung Nyawa, pemberian dari temanku, Ninik, yang setelah membaca tulisan ini menganjurkan agar aku makan 10 helai) dan mengunyahnya (kayak kambing makan dedaunan ….)

Sebelumnya aku pernah minum obat merah dan bubuk sarang semut dari Papua yang katanya juga anti-kanker, tapi aku hentikan karena nggak telaten.

Tiap hari menelan 1 tablet Aromasin, minum susu non-fat dengan kandungan kalsium tinggi dan 1 tablet CDR Fortos. (Dulu pernah minum susu kedelai juga, sempat berhenti karena penjualnya mudik dan sekarang mau mulai minum lagi).

Aku jelas nggak anti pengobatan alternatif. Tapi kalau memang ada yang ingin mencoba pengobatan alternatif, haruslah hati-hati. Cari rekomendasi dari orang yang memang pernah sembuh setelah berobat, bukan rekomendasi dari pemberi jasa atau berdasarkan "katanya..". Dan harus yakin serta telaten.

3 comments:

Anonymous said...

[url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/ganardinero.jpg[/img][/url]
[b]Queres ganar dinero desde tu casa y buscas informacion[/b]
Hemos encontrado la mejor pagina web en internet de como ganar dinero. Como fue de interes para nosotros, tambien les puede ser de interes para ustedes. No son solo formas de ganar dinero con su pagina web, hay todo tipo de formas de ganar dinero en internet...
[b][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url]Te recomendamos entrar a [url=http://www.ganar-dinero-ya.com/]Ganar dinero[/url][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url][/b]

Obat Diabetes said...

yang penting ketelatenannya itu dan rasa yakinnya yang harus di tegakkan tuch..

rfy kuningan said...
This comment has been removed by the author.