Sunday, August 8, 2010

Mengatasi efek samping kemoterapi

“Mbak, tambah gemuk ya?” resepsionis kantor menyapa ketika aku lewat.

“Oh ya?”

“Iya, pipinya makin berisi tuh,” katanya.

Kayaknya bukan cuma pipi, tapi perut rasanya semakin gendut karena celana yang tadinya agak longgar sekarang sudah pas, malahan terasa cukup ketat sehabis makan.

Kok bisa ya? Padahal aku kan lagi dalam proses kemoterapi. Ini adalah proses kemo yang kedua. Lima tahun yang lalu aku juga menjalani kemo selama 6 bulan dan hasilnya, aku jadi super langsing…

Ketika itu aku diet ketat. Takut makan ini dan itu. Akibatnya berat badan turun drastis sampai sekitar 10 kg.

Sekarang aku juga masih diet. Menghindari MSG (vetsin), makanan yang mengandung kolestrol tinggi seperti udang dan cumi, serta mengurangi daging merah, garam dan gula. Di samping itu sedapat mungkin makan banyak sayuran dan buah-buahan. Tapi sekali waktu, misalnya dalam acara di luar rumah, aku juga tidak menolak makan enak, asalkan takaran tidak berlebihan dan tidak sering2.

Di masa kemo, seharusnya kita tidak boleh diet terlalu ketat. Makan daging dan ikan itu perlu, khususnya untuk menambah tenaga. Tapi ya secukupnya saja dan jangan makan lemak dan kulitnya, apalagi tulang dan durinya...

Sebetulnya, banyak juga orang yang kabarnya jadi gemuk setelah kemo. Soalnya mereka stres dan lari ke makanan. Padahal mestinya lari beneran ya, biar sehat. Selain itu berat badan juga bisa meningkat karena jarang bergerak dan pengaruh obat.

Sebaliknya, banyak juga yang jadi kurus karena kehilangan nafsu makan, mual dan muntah2 serta sariawan.

Itu semua adalah efek dari kemo dan radioterapi. Tapi bukan itu saja. Pasien yang menjalani kemo dan/atau radioterapi juga bisa gampang lemas, kehilangan rambut, mengalami menopause dini, kulit kering dan rentan terhadap infeksi.

Bagaimana mengatasinya? Mari kita lihat satu persatu.

1. Jadi gendut

Cara paling efektif adalah dengan mencegah jangan sampai makan berlebihan dan banyak begerak. Jangan melakukan diet ketat tanpa konsultasi dengan dokter.

Usahakan berolah raga ringan sedikitnya tiga kali seminggu selama 40 menit.

Dulu aku rajin ikut senam bersama, tapi sekarang nggak sanggup karena badan mudah sekali cape. Kalau lagi rajin, aku olah raga sendiri sebisanya. Tapi seringkali sangat malas. Mulai akhir bulan lalu, aku berusaha berenang secara rutin. Sayangnya bulan puasa ini teman renangku libur dan kerutinan pun jadi terancam.

2. Tak ada nafsu makan.

Untuk menambah selera makan, santaplah makanan favorit (yang sehat). Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Kalau sedang makan, jangan disela dengan minum karena itu bisa membuat kenyang dan mengurangi nafsu makan. Lakukan olah raga ringan untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Mual dan muntah.

Ada obat anti mual dan muntah yang dapat diberikan bersamaan dengan kemo. Coba tanyakan ke dokter. Tapi ada juga dokter yang memberikan obatnya seusai kemo. Rasa mual bisa menyerang langsung begitu kemo selesai atau beberapa hari kemudian.

Makan dalam porsi kecil tetapi sering. Hindari makanan yang berlemak dan asam, terlalu panas atau terlalu dingin.

Coba makan yang tawar seperti crackers, kentang rebus atau tumbuk, dan nasi. Sayur bening kayaknya enak juga tuh.

Boleh juga minum jus buah atau air dengan es batu, asal jangan terlalu banyak sehingga jadi kenyang duluan... Wedang jahe juga bisa membuat perut jadi enakan.

3. Lemes dan cape

Banyak penyebab rasa lemas dan capai di samping pengobatan itu sendiri. Di antaranya adalah rasa khawatir atau stress, kurang makan, kurang gerak, dan Hb yang turun.

Resep pertama untuk mengatasinya adalah dengan istirahat secukupnya. Idealnya tidur minimal 8 jam.

Jangan minum kopi kalau itu bikin susah tidur.

Batasi gerakan fisik, jangan angkat2 barang yang berat seperti beras dalam karung, semen, tas, koper.. apalagi kalau itu milik tetangga.

Banyak2 menyantap makanan yang mengandung besi seperti bayam, biar kuat kayak Popeye.

Badanku lemes dan cepat cape karena kemarin2 mesti lembur buat ngejar setoran sehingga kurang istirahat. Hb juga turun. Untuk meningkatkannya, aku minum Seongobion atau Hemaglobin 2x1 ditambah dengan folid acid 1x1. Untuk folid acid, aku minum yg generik, murah meriah, hanya Rp 100/tablet.

Semakin banyak kerjaan, semakin rendah Hb, turun dari >12 menjadi 10.0. Gawat. Soalnya kalau dibawah 10, kemo harus ditunda. Terpaksa aku harus disuntik obat agar Hb naik. Ada 3 merek obat, yaitu Hemapo, Eprex dan Recormon. Yang paling ekonomis adalah Hemapo.

4. Sariawan.

Pernah kepikir nggak, kenapa disebut sariawan? Perpaduan dua kata, sari dan awan. Mungkin karena penyakit ini bentuknya seperti awan menempel di gusi.. Hiiii…

Dulu aku pernah kena sariawan. Mula2 aku minum Adem Sari. Manjur, sebentar hilang. Tapi kemudian muncul lagi. Meskipun sudah minum pereda panas dalam lainnya seperti Lo Han Kuo dan Chrysanthemum selain obat kumur dari dokter yang mahal harganya, tapi lama nggak sembuh2…

Jadi mendingan kita coba mencegah timbulnya sariawan dengan berkumur setiap habis makan, kalau perlu gunakan obat kumur. Jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal karena itu dapat memicu timbulknya sariawan.

5. Kulit kering.

Gara-gara kemo, kulitku yang mulus jadi kering, terutama di bagian tangan. Setelah pakai pelembab, mendingan.

6. Rambut rontok

Sebagian besar orang yang dikemo akan kehilangan rambut. Rambut bisa berguguran begitu kemo dimulai, atau setelah kemo beberapa kali. Ada yang rambut habis semua, ada juga yang rambutnya masih tinggal sedikit. Kemo dapat juga merontokkan rambut pada bagian tubuh yang lain seperti alis dan bulu mata. Tapi bulu kuduk dan bulu lain yang tersembunyi dalam lubang.. maksudnya bulu hidung… tampaknya aman2 saja.

Sebelum kemo, bagi yang berambut panjang, lebih baik mengguntingnya hingga pendek agar tidak terlalu kaget nantinya.

Selama rambut menghilang, pakailah wig atau penutup kepala seperti topi, bandana, atau jilbab.

Setelah kemo, rambut akan tumbuh kembali. Kadang2 warna dan teksturnya bisa berubah, bahkan ada yang tadinya lurus menjadi agak keriting. Entah ya, kalau yang keriting, apakah bisa jadi lurus. Soal perubahan warna rambut, ada rambut pirang yang menjadi agak merah atau kecoklatan. Tapi jangan harap ya rambut hitam bisa menjadi pirang…

7. Menurunnya daya tahan terhadap infeksi.

Kemo atau radiasi dapat mengakibatkan berkurangnya sel darah putih, yang sangat penting sebagai benteng terhadap infeksi. Jauhi orang dewasa atau anak2 yang sedang sakit, Hindari kerumunan banyak orang, jangan berdesak-desakan nonton topeng monyet, lagian kasihan dong monyetnya….

8. Menopause dini.

Dosis tinggi kemoterapi atau radiasi dapat memberikan dampak buruk pada ovarium sehingga haid berhenti. Cepat atau lambat, menopause akan datang. Jadi, tidak perlu terlalu dirisaukan. Malah enak, tak perlu pakai pembalut...

Tips di atas juga dapat dibaca di http://www.webmd.com/breast-cancer/guide/treatment-side-effects

13 comments:

ad said...

ayo renang lagi dong. mumpung ada kolam renang 'pribadi' dengan nyiur melambai ;)

sima said...

iya ad, kapan lagi ya punya kolam renang 'pribadi'. besok mau renang. moga2 bisa rutin ya, biar ga anget2 tai ayam...

amd said...

Iya, renang memang yang paling ideal katanya ya mbak, seluruh tubuh bergerak dan tidak terlalu lelah karena di air/ada efek fun juga. Ayo aku dukung program terus berenangnya!

Pucca said...

skarang gua jarang sariawan sim, karna sering makan jambu merah, efek juga jambu itu ternyata loh.
baguslah tambah gemuk, daripada tambah kurus kan sim :)

yik said...

Halo mb Sima! Sdh lama nggak denger kabarnya. Sibuk ngejar setoran ya... Aku setuju komen orang2 soal berenang. Hayuuuk mb Sima, lanjutkan! Btw, untung bulu2 yg tersembunyi (spt bulu hidung) nggak rontok ya. Kalo rontok kan nggak bisa dipakein wig. Apalagi jilbab.

sima said...

@amd- betul rit, aku mau rajin renang... selama ini agak lumayan, minimal 1x seminggu, moga2 bisa ditingkatkan jadi 3x ya.. :)

@pucca - jambu merah anti sariawan ya? thanks ya vi, aku baru tau lho.
setuju, mendingan tambah gemuk daripada kurus, asal jangan kebanyakan tambahnya...

@yik - kayak sopir mikrolet aja ya, ngejar2 setoran.. hehe.. Soal renang, untung ada temen baru, jadi semangat. kemarin renang sebentar, sekarang ga berani terlalu diforsir, porsi dikurangi supaya kaki ga sakit.
yik, kalo hidung pake wig gimana jadinya.... ntar jadi kumis dong.. :)

Titah Rahayu said...

Sima... doaku, pelukku, untukmu selalu. Cepet baikan lagi yaa...

sima said...

hi Titah.. tengkiyu so much... :)
ya, amin, semakin membaik berkat doanya.

obat kanker said...

ternyata efeknya banyak juga ya...dah biaya mahal...efek banyak..mari jaga kesehatan sejak dini

Saninten said...

Hi. Adik saya baru saja melakukan kemo ke 2 dan menjelang kemo ke 3. Leukositnya turun parah. Tolong, ada ga yang bisa menaikan kadar leukosit? Jus jambu merah sudah diminum. dan sempat dibawa ke rumah sakit dan mendapat suntikan, tapi belum ada hasil. Tolong saya. Terima kasih.

suria riza said...

Aku kemo baru 2 kli mb dan rambut dah tumbuh horee

Anonymous said...

tantric massage trеats the unаnimous somebοԁy incluԁing phуsical structure,
eјaculation, but the key corpse the equiρoiѕе
of sеnsatіons end-to-end the massagе.
Now κneаd the buttocκ closest: wheelіng,
Gοd or the godlіke, Spell the intelligence "ki" agency thе еneгgy of life-time.


My webpage :: webpage

Januar Cikal Rahmat said...

kalo rambut itu bakalan tumbuh lagi gak yah?? saya khawatir, pacar saya hilang kepercayaan dirinya lagi...