Tuesday, June 8, 2010

Tas gratis untuk pasien kanker

Yang namanya barang gratisan pasti banyak peminatnya. Apalagi kalau itu berupa tas kain yang bagus-bagus. Tapi maaf ya, tas gratis ini hanya khusus untuk pasien kanker yang tengah di rawat, bukan di sini, tapi di Cancer Care Center-nya Battle Creek Health Services.
Di mana sih Battle Creek itu? Yang jago pelajaran ilmu bumi harap angkat tangan…. Sungguh mati, baru pertama kali aku denger nama itu. Setelah bertanya ke mbah Google, baru aku tahu kalau itu adalah nama sebuah kota di Michigan.
Soal lokasi geografis nggak penting. Yang penting adalah bahwa cerita tentang para pasien yang mendapatkan tas gratis dari seorang penyintas kanker, Mary Miller.
Ketika Mary didiagnosa menderita kanker payudara pada bulan Oktober 2008, “Saya sedikit kaget,“ katanya seperti yang dikutip oleh The Enquirer, hari Sabtu, 5 Juni, 2010. .
Pensiunan yang tinggal di kota Battle Creek itu lantas menjalani operasi dua kali dan radiasi selama 28 minggu. Keadaannya pun membaik “Saya lega,” katanya.”Beban berat di punggung saya telah terangkat.”
Sekarang, untuk mengisi kesibukan di masa pensiunnya dan untuk membalas budi orang-orang yang telah menolongnya selama ia sakit, Mary menjahit tas dan memberikannya untuk para pasien di Pusat Perawatan Kanker pada Layanan Kesehatan Battle Creek.
"Saya pertama kali membuatnya untuk acara pameran kerajinan tahun 2009," kata Mary. “Saya tak berhasil menjualnya. Tak laku barang satu pun."
Suatu hari ia memakai salah satu tas buatannya ketika menjalani radiasi dan ternyata suster-suster menyukainya.
"Saya membuat satu tas untuk si mbak yang menangani radiasi sebagai tanda terima kasih,” katanya.
Beberapa suster kemudian membeli tas kain yang khusus dibuat bagi peningkatan kesadaran akan kanker payudara untuk dibagikan ke para pasien.
Sejak itu Mary membuat dan menyumbangkan 57 tas. Tas yang kecil digunakan untuk membawa cairan dan krim pereda luka bakar akibat radiasi dan tas yang besar untuk membawa brosur-brosur dan berbagai selebaran yang diterima pasien.
Tas-tas itu dibagikan oleh suster Beth Love.
"Indah sekali,” komentarnya.
"Mereka sangat tersentuh,” katanya mengenai para pasien yang menerimanya. “Mereka sangat berterima kasih. Tas itu membuat mereka tersenyum.”
Untuk membuat satu tas, Mary memerlukan US$3 hingga US$8, tergantung ukurannya.
"Biaya yang saya keluarkan tidak terlalu mahal, “ katanya. “Saya dapat membuat sejumlah tas dari satu yard kain.” Katanya.
Mary sendiri belum pernah bertemu dengan para pasien yang menerima tasnya, tetapi suster memberitahu bahwa mereka sangat antusias.
"Mereka berada dalam keadaan yang membuat mereka merasa sangat sendirian,” katanya. “Mereka senang sekali mendapatkan sesuatu yang sifatnya sedemikian personal."
Mary mendapat dukungan penuh dari anak perempuannya, yang selalu mendorongnya untuk membuat tas bagi para pasien kanker.
"Hal itu menjauhkan saya dari berpikir yang tidak-tidak dan merupakan cara untuk mengucapkan terima kasih," katanya.


15 comments:

Pucca said...

wah baek yah sim, ada yang mau repot2 bikin tas buat dibagi2 :)

ferdias said...

Saya juga dikasih tas gratis mbak tiap kali pulang kemo. Tas plastik, untuk jaga-jaga kalo mual dijalan...hihihi....

sima said...

@pucca : iya vie, ternyata orang orang baek ada di mana2 :)

@ferdi: hahahaha... kamu lucu ya. kalo tas kresek, aku jg ada banyak lho..

antopurwanto said...

bagus sekali informasinya, bisa menggugah banyak orang untuk bisa membahagiakan orang lain yang membutuhkan...

terima kasih ya...

Anonymous said...

Hiii Mbak Sima....
I found ur blog 2 days ago... Gara2 ak searching di google mngenai RS di jkt yg ada fasilitas bone scan.
You know what.... Bgt ak masuk blog mbak dan baca2 dikit, ternyata penyakit 'jahanam' (hehehe...) yg bercokol di badan mbak sama persis spt mama saya. (breast stg 4 meta bone).. Mamaku divonis cancer dec'02 and now still survive like u do :(

Sblmnya papaku jg terkena lung cancer but he passed away 2 years ago after 9 months struggle..

Satu yg ak bs bilang "salut to u Mbak"... Mamaku pny semangat juang yg tinggi spt mbak, tp akhir2 ini dia terlihat pasrah krn dia blg "smp kpn sih hrs trs mkn obat, kynya penyakitku ga ak sembuh"... dan byk lg keluhan2 kecil lainnya.

Buat Mbak Sima serta seluruh org yg terkena cancer, tetaplah berjuang dan semangat!!!!!

Terus upload tulisan2nya ya Mbak...

Salam kenal,
Linna

sima said...

@ anto, trims ya atas dukungannya.

@ linna,
gmn kabarnya mama? semoga membaik ya, apalagi dengan adanya dukungan keluarga dan para sahabat. hal itu sangat diperlukan untuk menumbuhkan semangatnya kembali. kadang2 aku juga capek menghadapi ini semua. kita pasrah, berserah pada Tuhan, tapi kepasrahan kita perlu juga dibarengi dengan usaha untuk mengusir si kanker busuk agar dia nggak keenakan bercokol di tubuh kita...
salam buat mama tercinta.

Anonymous said...

Hi Mbak Sima, mamaku skrg lg sakit bag. lehernya.. kt dok sih mgkn pengaruh si cancer yg ada di daerah tsb, mknya dok nyuruh bone scan. Ak ud telp Darmais tp kt orgnya didaftarin aja dl nanti dikabarin per telp kpn dapetnya. Emng gt ya Mbak??

Btw, ak minta no hp Mbak Sima donk.. kirim ke email ak aja linnaherjanto@hotmail.com
Maybe one day we can share each other atau malah ak yg bakal banyak nanya hehehe.. Thanks before yah Mbak..

Salam,
Linna

sima said...

hi Linna,

kalo bone scan mesti daftar dulu. dulu kita bisa nentuin waktunya sendiri, misalnya kita minta hari Sabtu. tapi belakangan nggak bisa, jadi kita harus menyesuaikan dengan jadwal mereka. alasan Dharmais karena obatnya (nuklir) sangat terbatas dan bahkan kadang2 harus nunggu lama karena obat dari BATAN belum datang.

ntar aku email ke hotmail yach.

IMAN'S UMI said...

Salam perkenalan kak Sima,
Pertama skali, tahniah di atas ketabahan akak mengharungi kanser. Bagi saya, sesiapa yg tabah dan bersabar di atas ujian Allah, beliau akan merasa ketenangan dan nikmatnya.

Anonymous said...

Hi Mbak Sima,

Wahhh kynya lg sibuk yah? Mana no hpnya, ktnya mau email :)

Mbak, mamaku akhirnya dpt jadwal bonescan hari sabtu kemarin, tp Jumatnya malah kena musibah, jatuh di kmr mandi. Jadi bonescannya cancel dulu.
Lengan atas ada yg retak dan skrg kondisinya semakin memburuk, karena tdk bs jalan jg. Mgkn ini ada hub nya dgn tulang belakangnya.
Kasian mamaku, sakitnya dia bs ak rasakan spt apa :(
Skrg kita semua bingung, langkah apa yg hrs diambil. Sejujurnya sih pgn ke sing lg tp biayanya blm ada.

sima said...

hi Linna,
memang kemarin2 ini lumayan banyak kerjaan. tapi aku udah email kamu lho. kenapa ya ga sampai, coba kamu check 'tempat sampah', kadang2 ada email penting yg nyasar ke sana. tapi aku juga kirim ulang message-nya. moga2 masuk.

turut prihatin dengan keadaan mama. hari minggu kemarin aku ketemu kenalan, dia dulu kena kanker, cukup parah, trus sewaktu kemo, dia tiap pagi minum 1gelas jus bit merah, 1 gelas jus wortel dan 1 gelas jus apel. selain itu dia juga diet super ketat dan minum susu immonucal. ia sekarang segar bugar.

anaknya tahun lalu juga kena kanker tulang sampai ga bisa jalan, sekarang kondisinya sudah mendingan. anaknya juga dikasih obat sari terate dari cina (tp dijual di sini).

Anonymous said...

Hi Mbak Sima,

Beneran loh mbak.. blm masuk emailnya. Error kali yah hehe.. Coba ke email sy yg satu lagi linna@buditex.com

Mama saya sdh masuk rs borromeus bandung dari hari selasa krn ga bs pipis dan ga bs jalan. Tapi penangannannya lambat sekali mbak. Hari itu lgs di x-ray tp dok baru bs dapat hasil jumat pagi (parah yah lamban sekali). Dok minta utk di MRI tp hari sabtu MRI sdh full jd terpaksa hari ini baru di MRI. Jd kesimpulan selama di RS mamaku ga diapa2in, hanya diminta untuk infus Bonronat dan makan obat hormonal Arimidex :(

Btw, obat sari terate beli di mn mbak. Bs dpt infonya?
Thanks before.

sima said...

hi Linna, aku sudah email lagi ke alamat yg baru.
moga2 sampai dg selamat.
untuk obat tertai, ini alamatnya:
CHANG SHEUW TIAN RAN LING YAO - Produksi P.T. Daun Teratai
Head Office : Jl. Sadang No.45 ( Kopo ) Margahayu Tengah - Bandung 40225
T. 022-5425960 ( Hunting ), 022-70778989, 022-70915999 F.022-5425958
Branch : Jl. Ternate No. 9A Roxy, Jakarta Pusat
T. 021-6329218,021-6329219, 021-338855951, Fax. 021-6329221
Hotline 0888-189-9121,0857-2082-9889
mudah2an cocok dan kondisi mama bisa cepat membaik.

Anonymous said...

Thank's Mbak Sima.... Besok ak cek, krn itu email kantor :)

OOwwww Obat Teratai yg itu.... Mamaku pernah coba krn owner nya sepupu mamaku :)
Kl mama kurang cocok sm obatnya, rasa ke badannya ga enak ktnya, jd dulu ga dilanjutin lagi......

sima said...

Linna,
memang obat itu juga cocok2an ya? kalo aku, selama kemo ini minum kapsul jamur maitake, kebetulan kakakku jualan.