Thursday, May 20, 2010

Biar sakit tetap aktif dan produktif

Keren sekali ya judul tulisan ini? Kesannya gimana… gitu. Tapi bener lho. Biarpun kita ini sakit kanker, tapi kita masih bisa aktif dan produktif.
Nggak percaya? Ya… memang sihhh.. ada juga yang sakitnya parah sehingga aktivitas terganggu. Tapi banyak juga yang dapat bekerja dengan baik.
Aku sendiri malahan seringkali bekerja ekstra keras. Bahkan akhir2 ini semakin sibuk, lebih repot daripada ketika belum terkena kanker. Apalagi karena minggu lalu aku ke luar kota untuk menengok keluarga di Solo. Pekerjan menumpuk sehingga … tak ada waktu untuk menulis di blog.
Kondisiku sendiri saat ini baik2 saja. Kemo putaran kedua sudah selesai dan putaran ketiga akan dimulai hari Sabtu ini. Syukurlah, Tuhan masih memberi kekuatan selama kemo sehingga tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan sehari-hari meskipun secara fisik memang lebih lemah.
Berbeda dengan sebagian orang yang merasa mual dan tidak ada nafsu makan setelah dikemo, aku malah doyan makan.
“Kondisimu itu nggak normal,” komentar teman sambil becanda.
Mungkin juga ya?
Dokter Win yang menangani kemoterapi juga mendeteksi “ketidaknormalan” itu ketika menyuntikkan neurobion seperti yang dianjurkan oleh dokter syaraf (baca tulisan sebelumnya: Mau untung malah buntung ).
Sudah 4x bu dokter memberikan suntikan itu, sekalian kemo. Eh, pertama kali tidak disuntikkan, tetapi dimasukkan melalui cairan infus.
“Ini supaya tidak sakit. Daripada disuntik di pantat, pegelnnya bisa sampai berjam-jam,” kata bu dokter. Ia menambahkan kalau sehabis disuntik, badan bisa jadi “seger”.
Ternyata waktu obat masuk, lumayan sakit. Rasanya seperti ketika obat dimasukkan ke tubuh sebelum menjalani CT scan bagian perut. Pokoknya sangat tidak nyaman.
Pada giliran berikutnya, bu dokter menyuntikkan obat itu melalui nadi tangan yang bekas diinfus
Kalau di suntik di sini tidak sakit,” katanya.
Aduh, ternyata sakit sekali seperti digigit ribuan semut… Untung hanya sebentar, sekitar 30 detik.
Ketiga kalinya, aku minta agar disuntuk di pantat saja. Bu dokter heran.
“Kalau di pantat itu sakit. Biasanya kalau di nadi tidak sakit. Mungkin kemarin sakit karena pengaruh obat kemo? Saya jadi penasaran. Bagaimana kalau disuntik dulu sebelum diinfus obat kemo? Mungkin tidak sakit,” katanya.
Aku mengiyakan. Dan ternyata… sama saja sakitnya.
Ketika aku suntik neurobion di klinik 24 jam dekat rumah, dokternya baik sekali.
“Ini saya suntik pelan-pelan ya, biar tidak sakit,” katanya.
Ya ampun… justru karena disuntik pelan2, aku jadi harus menahan rasa sakit dalam waktu yang cukup lama. Padahal biasanya kalau disuntik dengan kecepatan normal, sakitnya tidak seberapa. Pegalnya juga hanya sedikit dan sebentar.
Lalu dokter menasehati: “Lain kali jangan malam2 ya suntiknya, nanti tidak bisa tidur.”
“Oh kebetulan, dok, malam ini saya mau lembur,” kataku sambil melirik arloji. Sudah jam 7 lewat.
Tapi malam itu jam 10 tetap saja ngantuk berat …. Kok nggak ngaruh ya?
Aku lalu teringat suhu yang pernah memberiku terapi chi. Dulu aku memang rajin ikut terapi chi, tetapi kemudian berhenti karena akan kemo. Suhu ini pernah menyuruhku minum obat herbal Cina untuk meningkatkan stamina tubuh.
“Minumnya pagi saja. Cukup 1 kapsul. Jangan malam hari, nanti nggak bisa tidur,” katanya.
Aku memang gampang mengantuk. Itu penyakit lama sejak jaman kuliah dulu. Kalau ada kuliah siang, rasanya tersiksa sekali, harus berjuang keras supaya tidak tertidur. (Yang paling parah, dulu kalau ke gereja pagi2, suka ketiduran…)
Biarpun sudah minum obat yang disebut suhu “pil ajaib” saking hebatnya, tetap saja nggak ngaruh. Tetap ngantuk, padahal suhu bangga sekali dengan obat ramuannya yang harga lumayan mahal itu
“Coba minum 2x sehari. Tapi minumnya pagi dan sore. Jangan malam,” kata suhu.
Aku menurut. Tetap nggak ada bedanya tuh.
“Ya, memang kamu perlu banyak tidur, istirahat,” begitu kata suhu akhirnya.

20 comments:

Pucca said...

hahaha.. jadi obat apapun gak mempan ama lu ya sim, tetep molor hihihi :P
baguslah kalo gak pengaruh ke napsu makan, jadi walaupun dikemo bisa tetep beraktifitas seperti biasa ya :)

amd said...

wah ini pasti khasiat dari suhu tu bukan di urusan ngantuk, tapi urusan maem aja, hehehee...

yik said...

heheh... si suhu sampe nyerah :) Once a night owl, always a night owl... makanya jadi wartawan ya? :)

ferdias said...

wah, kebetulan saya juga dikasih neurobion nih mbak, udah 1 minggu, tip hari. untuk mengurangi efek2 itu, saya minta dimasukin ke infus aja. alhasil infusnya jadi pink. hehe...

sima said...

@pucca, iya vie, molor itu paling enak hehehe..
kalo kerjaan sih ga terlalu terganggu krn gw kerjanya diem2 di depan komputer, ga pake lari sana lari sini.

@rita, suhu kabarnya pinter masak dan bikin kue lho.

@yik, jadi wartawan itu krn kebetulan saja... dan krn pingin jalan2 gratis.. hihihi...

@ferdi, kamu jg dikasih neurobion? sama dong... betul, kl abis pake neurobion, keluarnya warna pink. kabarmu gmn? semoga baik ya..

ferdi said...

puji Tuhan, baik mbak...habis operasi. hihihi....
lama ga kelihatan ternyata dolan ke solo to..kok ga mampir rumah...
seneng mbak sima sudah update lagi blognya... :)

Anonymous said...

how to get backlinks seo jobs backlinks automatic backlinks

Anonymous said...

ayomari.blogspot.com Payday Lenders TX Haltom-City Mungkin aku hanya menyapu mereka atau hanya kenangan kabur

Anonymous said...

ayomari.blogspot.com funny post Anda harus mendapatkan nuansa ke pasar dan arus apa pun kerangka waktu Anda memutuskan untuk perdagangan

Anonymous said...

ayomari.blogspot.com click here to investigate Jika Anda memiliki tagihan menggunakan jumlah terkecil membayar mereka lebih dulu, atau menutup rekening kredit Anda hanya tidak menggunakan kartu dan akhirnya organisasi hanya akan menutup Anda menjadi penyebab non - aktivitas

Anonymous said...

I'm extremely pleased to find this web site. I need to to thank you for your time due to this wonderful read!! I definitely liked every part of it and i also have you saved to fav to see new stuff on your web site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm excited to uncover this great site. I want to to thank you for your time just for this fantastic read!! I definitely savored every part of it and I have you bookmarked to check out new things on your website.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm pretty pleased to find this page. I need to to thank you for ones time for this particularly fantastic read!! I definitely savored every bit of it and I have you saved to fav to see new information in your site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm very happy to uncover this site. I need to to thank you for your time due to this fantastic read!! I definitely enjoyed every part of it and I have you saved as a favorite to see new information on your blog.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm more than happy to uncover this page. I want to to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely savored every part of it and I have you book-marked to look at new stuff on your blog.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm pretty pleased to find this great site. I want to to thank you for your time for this particularly wonderful read!! I definitely liked every part of it and I have you saved as a favorite to see new information in your website.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I was very happy to uncover this website. I want to to thank you for ones time just for this wonderful read!! I definitely enjoyed every part of it and i also have you book-marked to see new information on your site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

I'm pretty pleased to discover this site. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and I have you book-marked to check out new information on your site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonymous said...

Hi there! I simply wish to give you a huge thumbs up for your excellent information you have got here on this post. I am returning to your website for more soon.

[url=http://onlinepokiesking4u.com]click here[/url]

Anonymous said...

Hello! I simply wish to give you a big thumbs up for the excellent information you have right here on this post. I'll be returning to your web site for more soon.

[url=http://xrumergeek.com]xrumergeek.coming[/url]