Tuesday, December 1, 2009

Ada Obama di Ultahku

Hari ini aku berulang tahun. Bukan ulang tahun kelahiran. lho. Ini adalah ulang tahun mastektomiku yang kelima.
Wah, ga terasa ya sudah lima tahun…. Ya, aku menjalani mastektomi alias operasi pengangkatan payudara kanan pada tanggal 1 Desember 2004 di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center yang lebih dikenal dengan MMC di Jakarta Selatan.
Lima tahun adalah masa yang lumayan lama. Pinginnya sih dalam kurun waktu lima tahun ini tak ada hal-hal yang hil-hil. Namun apa daya, pada bulan April 2007, diketahui bahwa terjadi penyebaran ke tulang. Akibatnya, aku jadi naik kelas. Kalau pada tahun 2004 aku dikategorikan sebagai pasien kanker stadium 2, sekarang jadi stadium 4.
Tapi untung juga lho, penyebaran itu cepat diketahui sehingga dapat segera ditangani meskipun sampai sekarang memang belum dapat diatasi sampai tuntas.
Hari ini kebetulan aku berkesempatan bertemu Yiyik, teman lama yang tinggal di Perth dan sedang berkunjung ke Jakarta.
“Nanti kita sekalian merayakan ultah mastektomiku ya?” aku becanda.
“Eh, udah 5 taun ya? Asiiik… iyah, kita rayakan ultah masektominya,” ia menimpali
Bersama seorang teman lain, Devi yang berprofesi sebagai instruktur yoga, kita melewatkan siang hari itu dengan gembira. Yiyik ingin menyantap masakan Padang yang sudah lama diidam-idamkannya. Maklumlah, di Australia mana ada warung Padang yang enak. Kalaupun ada, jangan-jangan yang dijual itu rendang dan balado kangguru… Hehehehe…
Kitapun sepakat bertemu di restoran Padang yang terkenal, yaitu Natrabu, di depan Kris Gallery, Menteng, yang letaknya tak jauh dari tempat Yiyik menginap. Mula-mula aku menjemput Yiyik, dan kita berjalan kaki mencari restoran Natrabu setelah mobil di parkir di depan sekolah yang ternyata adalah SDN 01 Besuki-nya Obama. Di gerbang sekolah terdapat plakat bergambar Obama. Tentu saja tidak menggambarkan anak kecil berkulit hitam dan rambut keriting yang sempat menjadi murid di sana, tetapi Obama setelah secara mengejutkan terpilih sebagai presiden AS.
Devi sudah duluan tiba di lokasi tempat kita akan makan siang, tepat di samping mesjid Al Hakim. Tapi.. lho, mana Natrabu-nya? Kita bertiga celingukan.
“Itu…di situ..,” kata seseorang yang tengah duduk santai di depan mesjid.
Di balik pintu papan tanpa ada tanda-tanda keberadaan tempat makan, di situlah tersembunyi Natrabu yang kita cari. Tempatnya sama sekali tak meyakinkan, tak sesuai dengan nama besarnya.
Rupanya sekarang Natrabu itu hanya melayani pembelian makanan untuk dibungkus dibawa pulang.
Akhirnya kita berganti halauan menuju tempat makan berjudul Dua Nyonya di Cikini. Sebelumnya, ketika mencari Natrabu, aku dan Yiyik sempat melihat restoran Tiga Nyonya di Jl. Kebon Sirih.
Nggak jelas apakah mereka ini bersodaraan. Nggak jelas juga apakah ada restoran lain yang namanya Satu Nyonya, Empat Nyonya apa Sepuluh Nyonya.
Yang jelas, makanannya enak lho. Yiyik dan Devi pesan nasi bakar yang disajikan bersama ikan dan teman2nya, sedangkan aku memilih nasi rawon bertoge. Aku mengurangi makan daging. Tapi kalau sekali2, nggak apalah, pikirku. Apalagi ini kan ulang tahun… hehehhe…
Selesai makan, kita melanjutkan perjalanan menuju Bakoel Kofie yang terletak tepat di samping Dua Nyonya.
Selain memesan kopi, Yiyik membeli sepotong kue untuk kita santap bersama.
“Ini untuk merayakan mastektomi,” katanya sambil tertawa.
Hahahaha….
Trims ya, temans … Sungguh perayaan yang berkesan.

8 comments:

Pucca said...

selamat ulang tahun masektomi kalo gitu sim ^^
jadi mana obamanya?

sima said...

makasih Vi...
waktu mau makan siang itu kan lewatin SD tempat Obama dulu sempat bersekolah ... maksudnya begituuu...
kalo obamanya sih sekarang ini mestinya ya masih di washington.. hhehhehe...

Pucca said...

hahaha.. maksa banget si obama nya :D

amd said...

Mbak, mas obama tadi SMS, walo telat katanya masih mau nraktir makan gulai telur ikan, tapi diwakilin ke aku mbak..hehe. Mbak Sima, you are the best!!!

Anonymous said...

we are same ..
bukan hal yang patut dibanggakan jika pernah penyakit yang sampe berkali-kali dioperasi .. dan saya empat klai operasi dengan penyakit yang sama dengan mba, tumor payudara ..
salam sehat
lind

sima said...

hi lind,
gmn keadaannya sekarang ini... ? sampai 4x operasi? aaah... moga2 kondisi terus membaik ya
take care.. dan salam sehat juga.

yik said...

Mb Sima... aku baru sekarang baca ini! hihi... isin aku dijadiin bahan critamu *tersipu malu* Thanks ya udah nemenin aku hari itu, kapan2 ngumpul lagi yak (ehem...I have a plan... nanti aku bilang lewat japri deh).

sima said...

@amd, eh, dari dulu kok aku lupa nanya gimana kelanjutannya si gule telor ikannya? udah kesampean belum cita2nya? hehehhe...

@yik, jangan malu2.. hehehhe... ya, kapan2 ketemu lagi ya, kl pas jalan2 ke sini :)