Wednesday, December 9, 2009

Misteri kehidupan

Di dekat ruang praktik bu dokter, kulihat seekor anak kucing tidur bergelung merapat ke dinding.
Kucing kecil itu tidur lelap, tak terusik oleh pasien serta karyawan poliklinik yang lalu lalang.
Kemana yach.. sang induk dan saudaranya?
Aku tak tahu di mana mereka. Tapi aku tahu pasti bahwa ia mempunyai ibu dan seorang, eh seekor saudara. Kebetulan aku pernah melihat mereka beberapa hari setelah sang induk melahirkan dua ekor bayi kucing sekitar dua bulan yang lalu.
Ketika aku kembali ke tempat bu dokter sebulan kemudian, aku melihat mereka lagi. Sang ibu tengah menyusui kedua anaknya. Yang satu tampak sehat dan gemuk. Warnanya belang tiga, seperti ibunya. Pokoknya cakep sekali, deh. Yang satu lagi berwarna kuning, kurus dan matanya sakit, berair dan penuh kotoran.
Kondisi mata anak kucing kuning yang malang itu semakin parah sehingga ia akhirnya harus merelakan satu matanya. Ah, untung masih ada satu mata yang dapat diselamatkan.
Kucing kuning itu kelihatan sudah lebih sehat meskipun masih agak kurus saat aku melihatnya tertidur pulas pada hari Jumat, 4 Desember 2009 itu.
Iseng-iseng aku bertanya ke bu dokter, kemana anak kucing yang belang tiga.
Jawabannya sungguh di luar dugaan.
“Ia mati. Keracunan,” katanya.
Oh. Kok bisa? Aku kaget.
Lalu aku sadar bahwa memang terlalu banyak misteri dalam kehidupan ini. Banyak hal yang tak terduga, yang sering kali tak kita pahami.
Anak kucing belang tiga yang sehat mendadak mati. Sedangkan saudaranya yang sempat berada dalam kondisi mengenaskan justru dapat bertahan hidup.
Belum lama ini aku menerima email dari seseorang. Usianya 25 tahun. Setahun yang lalu ia didiagnosa menderita kanker payudara. Ia harus menjalani operasi pengangkatan salah satu payudara serta kemoterapi, yang berhasil ia lalui dengan tegar.
Sempat muncul tanda tanya besar. Bagaimana bisa kanker menyerang ia yang masih begitu muda dan selalu menjaga pola makan serta gaya hidup sehat?
Yach… memang banyak hal dalam hidup ini yang merupakan misteri. Kadang kita tahu apa yang akan terjadi dan mengapa. Misalnya kalau nggak makan, pasti lapar… Kalau kebanyakan makan cabe, bisa sakit perut… Tapi bisa juga sudah makan sepiring penuh masih lapar…. Kalo itu sih namanya rakus atau cacingan ya.. hehehhee….
Banyak hal yang tak kita mengerti. Banyak yang terjadi tanpa diduga. Cuaca yang cerah bisa tiba-tiba berubah mendung dan turun hujan deras. Mobil yang baru diservis bisa mendadak mogok di jalan…. Bank yang tampaknya sehat bisa ambruk….
Hal yang tak terduga tak selamanya buruk. Bisa saja kita mendapatkan kejutan manis. Mungkin kita bisa mendapatkan mobil mewah hadiah dari bank. Ah.. mimpi…… Atau kejutan kecil yang menyenangkan. Misalnya bertemu teman lama yang sudah sekian tahun tak berjumpa… Atau ditraktir makan pizza oleh kawan yang baru mendapat rejeki. Bisa juga teman yang judes setengah mati tiba2 saja memberi kita senyum manis… Tanaman di halaman yang tampaknya sudah sekarat bisa hidup kembali …
Kejutan yang menyenangkan atau yang menyedihkan memang dapat terjadi sewaktu-waktu. Itulah bagian dari kehidupan yang memang penuh misteri ini.
Semuanya harus kita hadapi. Ya.. kita jalani saja… Bukan berarti tak ada usaha. Tentu kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Tapi kita juga harus berserah karena pada akhirnya Tuhan juga yang menentukan.

11 comments:

Pucca said...

benar sim, hidup memang penuh misteri, gak ada yang tahu apa yang terjadi esok :)

sima said...

ya Vi...
itulah hidup.. c'est la vie

Anonymous said...

Sim, seperti kirimanmu dalam milis 3a2, aku sangat terkesan dgn pesan2nya :
HUMAN BEINGS ARE SUCH SMALL CREATURES, AREN'T THEY?

SO DON'T BE TOO WORRIED ABOUT EVERYTHING,

TREASURE EVERY MOMENT, DO WHAT YOU WISH TO DO.....

BROADEN YOUR VIEW, BROADEN YOUR MIND,

DON'T WORRY TOO MUCH ABOUT THINGS THAT ARE BOTHERING YOU,

DO TREASURE YOUR LOVED ONES, LIVE SAFELY AND PEACEFULLY,

ALWAYS BE HAPPY TO WELCOME THE COMING OF THE NEW DAY....... ENJOY THE SUNSHINE ..

ALWAYS LOOK AT THE BRIGHTER SIDE OF THINGS.....

Salam damai sejahtera dalam Tuhan,
CW

amd said...

Gw selalu kangen baca those inspiring words from you, Mbak Sima!

Napi said...

biarkan misteri tersebut membuat hidup semakin seru...
salam kenal aja kak...
hehehehehehe..
be your self....

sima said...

trims Rita... thanks for your encouraging commment..
hi Napi... misteri membuat hidup jadi tambah menarik ya? hehehhe.. salam kenal kembali :)

Ario Sasongko said...

Waktu ulang tahun saya, kira-kira 1 tahun lalu.

Ketika sore sebelum hari ulang tahun, saya melihat seekor anak kucing yang melompat dari dalam kotak, di pinggir jalan, dekat rumah saya. Karena khawatir kalau-kalau kucing itu terlindas mobil, saya mengambilnya dan menaruh dia kembali ke dalam kotak kardus itu, ada sebuah piring kecil, berisi nasi kering di dalamnya. Anak kucing ini rupanya telah dibuang oleh seseorang. Mungkin oleh anak kecil yang dilarang untuk memelihara seekor kucing oleh Ibunya. Sedikit terbesit rasa sedih membayangkan kisah yang mungkin terjadi pada anak kucing ini. Tapi ya sudahlah..

Malam hari, pukul dua belas, tanggal sudah berganti, saya ulang tahun! Dengan nafas berat saya berniat untuk mencari udara segar, sejenak melepaskan diri dari beban hidup belakangan itu.

Lalu saya terkejut, menyadari anak kucing itu, sudah tertidur pulas, di atas sandal saya. Darimana makhluk ini mengetahui rumah saya?

Dan kedatangan saya membangunkan dia dari tidur. Dia mengikuti saya yang kemudian berjalan menuju halaman rumah, duduk di atas rumput, tadinya hanya ingin melihat langit.

Lucunya tingkah kucing ini, bermain-main dengan beberapa rumput yang agak panjang, dengan tatapan curiga yang lugu, anak kucing ini menyergap rumput-rumput yang tentu tidak melawan. saya tertawa kecil.

Lalu saya menyadari, saya tersenyum di tanggal yang saya kira akan saya lewati tanpa senyuman sama sekali, hari ulang tahun saya. Mungkin anak kucing ini memang hadiah dari Tuhan? DIA ingin saya tersenyum, DIA ingin mengatakan kalau saya tidak harus bersedih, karena DIA sangat mengetahui apa yang sedang saya rasakan saat itu, perasaan seperti makhluk yang disepelekan dan terbuang..

Akhirnya, entah merasa tugasnya sudah selesai, anak kucing itu hanya pergi, benar-benar pergi, begitu saja.

Cerita mbak mengingatkan saya akan pengalaman yang dulu pernah saya alami.. :)

hanya berbagi saja.

Cheers!

sima said...

hi Ario,
cerita yang menyentuh...
thanks for sharing such a nice story.

aabidflexter said...

''Telah Ditemukan Metode Baru
Mencari Uang Lewat Internet Dengan
Konsep "GFRS SYSTEM"

Apabila Anda sudah menerjuni bisnis internet sebelumnya, Anda pasti tahu, setiap situs lain yang pernah Anda kunjungi mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang lebih dulu sebelum mereka mengijinkan Anda mengetahui"rahasia" mereka...

Tapi disini, Anda bebas mengetahuinya.
Informasi ini 100% gratis.

Ayo..... buruan...

Tunggu apalagi...SEGERA. ..download Ebook nya

Silahkan Anda pelajari dulu....sekaligus dapatkan ID nya juga......GRATIS. ...!!!

http://metodebaru. com/mb6703

http://metodebaru. com/flexter

Elyani said...

Sima,

Waktu Suneo pertama diambil dari warung belakang milik pak Satpam di Kelapa Gading, selaput mata dia juga seperti berkabut, badan-nya kurus dan bulunya kotor sekali. Selama 3 hari sejak dibawa ke rumah dia selalu berusaha kabur setiap kali pintu dibuka, mewek keras2 (ngeongan dia belum ada yg ngalahin nyaringnya). Tetapi lama2 akhirnya dia tau kalau dia dirawat dengan penuh kasih sayang.

Mungkin tidak banyak kucing yg seberuntung Suneo, tetapi seperti misteri kehidupan yg Sima ceritakan diatas..Suneo mungkin termasuk yg menang lotere dalam hidupnya. Selama di Kanada kondisi kesehatan Suneo sangat baik, bulunya tambah bagus, nakalnya juga kadang bikin senewen emaknya. Lucunya dia itu meski sering dimarahin dan kadang2 dipukul pantatnya..kok ya tetap saja nempel ke emaknya dengan matanya yg tanpa dosa itu.

sima said...

hi Ely..
Suneo beruntung memiliki emak yg penuh kasih sayang seperti dirimu lho.. :)