Sunday, April 12, 2009

Masih Perlukah Batu Ajaib Itu?

Mau sembuh? Minumlah air rendaman batu ajaib Ponari. Becanda? Tidak. Ini serius. Buktinya ribuan orang setiap hari berjubel-jubel antre untuk berobat dan beberapa pasien yang diwawancara media mengaku sembuh setelah minum air itu.
Ah, berita basi. Iya sih, kehebohan Ponari, si dukun cilik asal Jombang, Jawa Timur, sudah sejak beberapa bulan yang lalu menjadi berita di media cetak maupun elektronik. Bagaimana tak heboh, kalau sampai setidaknya lima orang tewas dalam antrean. Polisi bahkan sempat turun tangan dan menutup praktek itu untuk sementara waktu.
Ada media yang mengabarkan kalau Ponari yang masih duduk di bangku SD itu adalah titisan dewa petir. Ini gara2 suatu ketika Ponari tersambar petir tetapi tidak tewas dan malahan menemukan batu yang diyakini bertuah. Pokoknya kalah deh batu2 di seri Harry Potter seperti the Sorcerer’s Stone dan the Philospher’s Stone.
Kalau semua itu hanya isapan jempol, mengapa banyak pasien Ponari yang mengaku sembuh?
Sebetulnya pengobatan alternatif sama sekali bukan barang baru. Di mana2 di negeri ini (dan juga di berbagai belahan dunia) dikenal aneka macam pengobatan alternatif, mulai dari yang biasa-biasa saja seperti kerokan dan pijitan, percikan air putih dan doa, sampai yang aneh-aneh seperti penggunaan lintah untuk menyedot darah kotor dan sengatan lebah untuk membuka simpul syaraf. Bahkan sengatan ular (baca Digigit Ular di Hotel http://ayomari.blogspot.com/2008/02/digigit-ular.html).
Biayanya juga beragam, dari yang gratis sampai jutaan rupiah.
Biasanya mereka mengaku dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker.
Hebatnya, banyak juga pasien yang mengaku sembuh.
Kok bisa?
Ya memang bisa, meskipun tidak 100%.
Salah satu hal yang membuat pengobatan alternatif manjur adalah keyakinan pasien bahwa ia akan sembuh. Misalnya orang2 yg rela antre berjam-jam, bahkan berhari-hari, untuk berobat ke Ponari. Karena yakin akan manfaat air celupan batu ajaib itu, mereka jadi bersemangat. Ibarat aki yg sudah lemah lalu disetrum, mereka serasa bertenaga bagu.
Semangat dan tenaga baru itu otomatis mendorong pasien yang tadinya sudah putus asa untuk bangkit. Mereka menghadapi penyakit tanpa rasa takut dan jauh dari stres.
Apalagi kalau mereka menghindari makanan yg kita semua tahu dapat menjadi sumber malapetaka jika dikonsumsi secara berlebihan dan mulai bergaya hidup sehat.
Sebetulnya kita sendiri juga bisa melakukannya hal yang sama, asalkan mau. Naaa..h kemauan ini yg seringkali menjadi hambatan karena kita sering malas... termasuk aku sendiri, yang suka belum rajin olah raga dengan teratur dan masih suka tergiur ingin jajan bakso......
Kita juga dapat mengolah energi positif dalam diri kita sendiri melalui doa, meditasi, prana, reiki atau yang lain. Masalahnya, ya itu tadi, apakah kita mau atau tidak? Dukungan dari orang-orang di sekeliling pasien juga diperlukan. Sama seperti Obama atau SBY yang tidak dapat bertahan tanpa dukungan ....
Tapi sekali lagi, yang terpenting adalah diri kita sendiri. Semangat hidup, pikiran dan sikap positif akan sangat membantu dalam menghadapi semua ini.
Tak perlu batu ajaib.

6 comments:

Triyono said...
This comment has been removed by the author.
Triyono said...
This comment has been removed by the author.
Triyono said...

Mbak Sima betul, yang saya rasa sulit adalah memupuk keyakinan hingga sampai pada tahap tertentu. Orang yang terlatih menggunakan logika, mungkin akan sulit menerima pengobatan model Ponari bukan ?. Demikian pula sebaliknya. Bahkan dengan sedikit bumbu motivasi ditambah sedikit stimulant seseorang bisa sampai pada tingkat amat percaya. Mudah-mudahan kita dapat meyakini pengobatan yang kita pilih adalah cara yang paling tepat.

Triyono said...

Minggu yang lalu saya dapat email dengan head line "Kini tersedia BATU CELUP" gambarnya iklan salah satu teh celup dengan kemasan yang sudah dimodifikasi berjudul BATU CELUP dengan sedikit note "Dapat menyembuhkan berbagai penyakit" Ada-ada aja ya mbak

sima said...

hi Mas Tri,
Kadang2 orang yg terlatih dengan logika juga bisa kehilangan logika lho..
Yang penting mantap ya mas?
Soal batu celup.. memang ada2 saja itu...

Anonymous said...

SANGAT LUAR BIASA ! KEAJAIBAN ! MENAKJUBKAN ! TIDAK MENGGUNAKAN JARUM & TANPA DI OPERASI

Ramai yang sudah datang berobat dan sembuh. Yang tak boleh jalan sudah berlari. Yang tak boleh bangun sudah bisa jalan. Bagi anda yang belum, segeralah berobat. Selagi ada kesempatan! Jangan tunggu lama-lama.

Anda mengidapi penyakit tersebut?
Kidney/ Dialysis/ Diabetic, Cancer 1st/2nd/3rd stage, Multiple Stroke,
HIV/ Aids, Parkinson Syndrome, Leukemia/Lupus, Bone Marrow, Thyroid/Fibroid, Heart Disease, Gout, High or Low Blood, Etc.

THE MIRACLE HEALER boleh mengeluarkan penyakit secara keseluruhan. Percayalah!
* Satu cara pengobatan yang dapat membantu anda menikmati kehidupan seperti sebelumnya. Pasti!
* Pembiayaan rendah dan pengobatan yang efektif sekaligus penyembuhan dalam jangka waktu yang pendek. Percaya atau tidak!

Address : No. 29 Mackenzie Rd, Mackenzie Regency, Singapore
Email : themiraclehealer@yahoo.com.sg
Tel : 65-90826299