Wednesday, September 14, 2011

MAU APA SEKARANG?



Mau apa sekarang, setelah berbulan-bulan tergeletak di tempat tidur karena lumpuh?



Mau nangis meraung-raung menyesali nasib? Mau marah dan menghujat Tuhan yang memberikan cobaan berat ini? Mau bunuh diri karena merasa menderita dan putus asa?



Atau sebaliknya, bersyukur karena masih berkesempatan makan ketupat di hari raya Lebaran kemarin dan bisa turut merayakan ultah sahabat di bulan September ini? Bersyukur karena masih bisa menikmati hangatnya sinar mentari (baca: pemanasan global dengan suhu yang semakin meningkat), kicauan burung di pagi hari (baca: gonggongan anjing tetangga di malam hari) dan gemercik aliran air sungai (baca: kucuran air kran di dapur ketika mpok mencuci piring)?



Pilih yang mana?



Kalau mau yang gampang, ya marah2 atau menangis saja. Sulit rasanya mengucap syukur sementara jelas2 lagi sakit. Eh, tapi biar badan sakit, untung lho pikiran masih sehat….



Menurut teori, begitu kita bangun tidur kita harus mengucap syukur pada Tuhan yang masih memberi kita kesempatan untuk menikmati hari yang baru. Memang teori biasanya lebih mudah daripada praktik. It is easier to say than to do.



Setiap malam aku selalu terbangun karena badan pegal akibat berada dalam posisi yang sama (baca: telentang) selama berjam-jam. Ini karena aku kesulitan menggerakkan badan ke kiri dan ke kanan tanpa bantuan orang lain. Begitu terjaga, aku tidak selalu dapat dengan mudah tidur kembali. Kalau orang lain bangun tidur badan segar, nah, yang sering terjadi padaku ini sebaliknya. Dalam keadaan seperti itu, lebih gampang mengeluh daripada bersyukur.



Tak jarang aku mengalami pergumulan batin. Tapi syukurlah, pikiran yang sehat membantu menentukan pilihan yang positif. Rasa sedih, marah dan putus asa justru akan membuat kita semakin terpuruk. Sebaliknya, rasa syukur membawa rasa damai, tenang dan pasrah dalam menjalani hidup ini.



Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika kita senang, kita sering melupakan Tuhan dan baru pada saat kita susah, kita ingat Tuhan. Benar juga… Dalam kondisi seperti ini aku merasa lebih dekat dengan Tuhan. Agamaku Kristen. Meskipun jarang ke gereja, aku percaya pada Tuhan. Sekarang ini aku ikut mailing list “doa satu menit” dan setiap hari mendapat kiriman doa dan ayat2 Alkitab serta renungan harian melalui email. Kiriman jarang terlambat, malah bisa terlalu cepat. Misalnya, dalam satu hari bisa terkirim materi untuk dua atau tiga hari dan kadang2 doa yang sama dikirim oleh orang yang berbeda. Ah, namanya juga gratis, ya dinikmati saja…



Ini adalah doa hari Selasa, 13 September 2011 (yang telah disesuaikan sehingga bersifat universal).



Tuhan,

bantulah aku agar aku dapat memiliki sikap yang baik,
positif, penuh harap, gembira, dan bijaksana pada saat ini.
Tingkatkan semangatku dan segarkanlah aku dengan kegembiraanMu.
Semoga kegembiraanMu berkembang di dalam hatiku pada saat ini
secara berlimpah sehingga ia mengalir juga kepada orang lain
yang melihatku.

Dan pada saat aku berbicara,
semoga kegembiraan daripadaMu akan terus menular
kepada orang lain.

Aku memuji namaMu dan memuliakan Engkau
sebagai penopang kepalaku pada saat aku lemah.
Engkau adalah Allah yang kekal,
yang telah memberiku hidup yang sangat indah.

Di dalam namaMu aku bersyukur dan berdoa.

Amin

14 comments:

Vera Sitompul said...

Hi Mbak Sima, masih ingat aku ?. Dengarin lagu-lagu rohani juga membuat ada rasa sukacita. Aku suka dengarin lagu ini "In Moments like These"
http://www.youtube.com/watch?v=JAkqSiV9Xyg

Anonymous said...

Halo Sima, apa kabar? Tetap semangat ya.... Dengerin banyak lagu2 aja, rohani, klasik, atau Fiddler on the Roof? Ini salah satunya: http://www.youtube.com/watch?v=RBHZFYpQ6nc lucu deh dengerin di bahasa aslinya... :)

Vera (yang lain)

Anonymous said...

Keren.. Sngat inspirational... Keep on fighting kak sima, GBU

Anonymous said...

Keren.. Sngat inspirational... Keep on fighting kak sima, GBU

Anonymous said...

Keren.. Sngat inspirational... Keep on fighting kak sima, GBU

Pucca said...

sima, jangan down ya.. memang betul 1000% kata2 lebih mudah daripada perbuatan. aku bantu doa supaya hari2 kamu dipermudah dan selalu diberikan sesuatu yang bsia disyukuri setiap hari :)

yik said...

Mb Sima, stay strong! *sending serene vibes* Take care.

Faila said...

Mbak Sima, tetaplah berada dalam dalam sabar dan syukur.

sima said...

@vera Sitompul : halo...lama tak jumpa, apa kabar? Smg baik ya... thanks atas lagunya. aku dah denger, bagus.. Memang dengerin lagu2 merdu membuat kita gembira. aku jg suka nyanyi2 /bersenandung lagu2 sekolah minggu lho, seperti: di dalam dunia... ada dua jalan... dst dst..

@vera yg lain: wowwwww... ini bener2 luar biasa... dulu waktu kuliah kan aku ikut pementasan "Fiddler on the roof" di Gedung Batik, Yogya, jadi anak ke-4 Teyve. trims ya, aku jadi bisa bernostalgia. hehehe...

@ anonymous : thanks for your support...

@ Pucca : makasih ya doanya. aku jg berdoa dan berusaha selalu supaya tetap bisa bersemangat.

@ yik : yes yes yes... thanks thanks thanks..

@ Faila: trims ya.... amiiin.....

Anonymous said...

siang mbak sima..

semangat terus ya.. Tuhan besertamu selalu..

mbak, mau tanya, biaya radio terapi di RSCM berapa ya kira2? soalnya mama mengalami kekambuhan pd kanker servixnya, dan disarankan untuk kemo atau radiasi, sedangkan konon kabarnya dikota saya belum ada radiasi, jd sy sangat butuh informasinya..

terima kasih ya mbak..

amd said...

Hai Mbakku yang tangguh, *bear hug* salam kangen selalu. Thanks untuk doa satu menitnya, dan "Semoga kegembiraanNya berkembang di hati kita semua", amien. Salamku juga buat Lia, mbak Prapti dan your assistant yang setia di rumah. We do love you, Mbak Sima!

sima said...

@anony : trims ya.. bagaimana kondisi mama? semoga membaik ya.
biaya radiasi bervariasi. terakhir kali aku radiasi di dharmais 10x biayanya >Rp 10 juta. Di RSCM mungkin kurang lebih sama. tapi untuk kanker leher rahim, ada radiasi luar dan dalam, kalau radiasi dalam, setahuku biayanya beberapa kali lipat. mungkin bisa menghubungi departemen radioterapi RSCM, tel 3921155 (moga2 nomornya ga salah)

@rita : aminnn aminnn aminnn... salam kembali dari kita semua.

Elyani said...

doa yang indah sekali Sima! tetap semangat ya! Disini sudah mulai dingin udaranya (awal musim gugur)..hujan hampir setiap hari, kalau matahari nongol barang setengah jam hati ini rasanya senang sekali. Salam meow meow dari Suneo!

sima said...

trims Ely. di sini juga dingin kalo pake AC.. hehehe.. salam meong meong balik buat Suneo ya.. :)