Saturday, June 4, 2011

Acara di akhir pekan

Apa acara akhir pekan ini? Mau cari jajanan enak (tapi sehat) di mall? Berkebun? Menyiangi rumput liar dan merapikan tanaman? Yang jelas pasti nggak lupa ke Giant atau Carrefour untuk membeli wortel, apel dan tomat untuk di jus..jus..jus.


Tapi… itu semua tinggal kenangan...



Sekarang ini mobilitasku terbatas. Hmmm.... bukan hanya sekedar terbatas, tapi memang sudah tidak bisa mobile lagi. Sehari-hari tergolek di ranjang atau duduk di kursi roda.



Tapi bukan berarti nggak ada yg bisa dikerjain. Lha ini, aku lagi nulis buat blog alias ngeblog. Selain ngeblog, aku juga masih bisa bekerja, menulis, menyunting atau menerjemahkan artikel atau dokumen atau surat cinta....


Untung penyakit ini tidak menggerogoti kemampuanku otakku. Sungguh itu merupakan hal yang patut disyukuri... Secara fisik keadaanku mungkin tampaknya memprihatinkan, tapi secara mental aku sehat. Dan itu menjadi modal untuk menjalani hari-hari selanjutnya dalam hidup ini.



Menjelajahi dunia maya merupakan keasyikan tersendiri yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain itu tentu saja banyak buku menarik yang bisa dibaca. Bukan hanya banyak, tapi buanyaaakkkk. Ketika aku di RS aku mendapat sejumlah besar buku dari teman2, termasuk Anas dari GPU yg memberiku puluhan buku. Trims ya teman2 semua..



Bukunya bermacam2. Ada thriller seperti The Girl with Dragon Tatooo, atau roman ringan seperti Just Friend. Ada yang terjemahan, ada yang asli dalam bahasa Inggris.


Jadi ingat nih suatu kejadian di RS… ada dua suster (dari RS lain yg ditugaskan di Dharmais selama seminggu) yg penasaran melihat aku selalu ditemani oleh buku yg judulnya bahasa Inggris. Ketika itu aku sedang membaca buku terjemahan Finishing Touch. Entah kenapa judulnya dibiarkan dalam bahasa aslinyg, sedangkan tulisan Sentuhan Terakhir tertulis kecil di sampul buku itu.


“Bahasa Inggris atau bahasa Indonesia?” suster yang satu berkata ke suster yang lain.


Saking penasarannya, ke dua suster itu dengan tidak sopannya melongok-longok melihat isi buku yang sedang kubaca.


“Ini judulnya bahasa Inggris tapi isinya bahasa Indonesia,” kataku memuaskan hasrat ingin tahu mereka.



”Ooh bahasa Indonesia....,” mereka mengangguk-angguk.



Selain membaca buku, kegiatan di akhir pekan (dan di hari2 lain) dapat juga diisi dengan nonton TV dan cable. Kalau ingin menikmatinya, tinggal klik aja tombol remote control.



Jadi, biar pun nggak bisa ke mana-mana, tetap asyik-asyik aja...


12 comments:

Pucca said...

happy belated birthday sima.. semoga cepat sehat, selalu penuh sukur dan bahagia ya :)

jadi buku yang bagus yang mana sim? lagi mau beli buku juga nih buat bacaan..

yik said...

Bikin blog baru mbak, yg isinya khusus book dan/atau TV review :) Happy reading & viewing yah!

sima said...

@pucca, thanks ya... buku yg bagus antara lain: The Slumdog Millionaire (ada terjemahannya dlm bhs Ind), The Space Between Us (terjemahan), Just Friend (terjemahan), The Girl with Dragon Tatoo (ga tau ya, ada terjemahannya apa nggak).

@yik, bikin blog baru? aduh, nggak deh... makasih...

ferdinu said...

Mbak Sima, sudah setahun terakhir sy jg di kursi roda mbak, asyik2 aja kok. Padahal biasanya saya pecicilan kemana2. Hehe..Selamat ulang tahun ya mbak, Tuhan selalu memberkati. :)

amd said...

Seneng banget buka blog ini dan ketemu banyak tulisan baru, as inspiring as usual! I miss U, mbakku yang hebat, pokoke tetep smangat ya Say! Big hug for U & Lia.

p a t t y said...

Sima...masih inget aku gak? Pasti lupa ya...hiks...!!! kontributor JP yg di bdg itu lhooo...jaman2nya msh ada Lewa, Lenah, Yiyik, Chris, Arief Sudi...inget kan? Seneng deh baca blog nya Sima...serasa ketemu langsung ama orangnya....seruuuuu...

sima said...

@ferdi: kalo pecicilan di kursi roda bisa ngggak? aku msh banyak di ranjangnya drpd di kursi roda nih... trims ya ucapan ultahnya.

@amd: rita, memang tulisan sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga.... hehehhe... salam dari lia

@patty: ya tentu saja masih ingat dong. belum pikun kok... dulu kamu kan pernah ikutan waktu aku sama ewok wawancara rano karno pas dia shooting di studio alam depok. hayo, inget ngggak?

p a t t y said...

ke depok? inget dooong, apalagi ma rano karno nya..hehehe...msh banyak kok yg lainnya juga, masak2 di rumah sima, pergi nonton rame2...
blog nya inspiring banget, bikin aku jd semangat juga...aku share dgn bbrp teman yg lg ter-mehek2 krn sakitnya, biar mereka bs belajar dr pengalaman diri mu. tetap semangat ya...kapan2 aku mampir ah kl lg di jkt...

wanamore-shop said...

hai mbak sima senang membaca tulisanmu, membangkitkan semangat
saya juga dulu pernah mengalami tumor payudara dan riwayat keluarga juga banyak yang terkena kanker ini. karena hal itu saya sekarang mengangkat nya sebagai tema skripis yaitu tentang kemampuan Resiliensi pada wanita yang mengalami kanker payudara. resiliensi yaitu faktor yang mempengaruhi ketahanan psikologis seseorang saat menghadapi kondisi yang menekan

mohon bantuannya jika berkenan untuk mengisi kuesioner penelitian saya
dapat menghubungi saya di :

sintahaqim@gmail.com

data yang terkumpul akan terjaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian semata.

Elyani said...

Sima, salam dan peluk sayang dari Suneo dan emaknya. Sudah ngucapin di FB tapi boleh dong ngucapin happy belated birthday! Disini musim panas kali ini cuacanya cukup dingin dan berangin kencang. Padahal sudah berharap bisa pakai batik atau pakaian santai kayak di Indo. Bosan harus pakai jaket atau cardigan tiap mau keluar rumah. Tetapi kalau matahari keluar aduh pemandangan-nya indah sekali!!! Coba kalo Sima ada disini pasti kuajak jalan menyusuri danau atau sekedar duduk2 di harbor quay. Semoga Sima dapat beraktifitas kembali ya, Tuhan berkati selalu!

sima said...

hi Ely..
Trimssss buanyakkk ya..
Sorrriii baru sekarang dibalas, lama nggak update blog.
Masih kedinginan? Di sini malah panas banget meskipun kadang2 hujan turun.
Selamat berhari Minggu..
Salam ya buat Suneo.. :)

thesalem said...

Mb Sima, happy belated birthday yah...maaf telatnya gak kira-kira, baru blogwalking lg nih.
Kalau aku ke kantor mbak Anas, beliau juga heboh cariin buku anak buat anakku, sampe ke gudang dibongkarin hehe. Kebetulan aku ilustrator lepas di GPU jd jarang banget main ke sana.
Mbak, aku doain cepet membaik kondisinya yah...semoga rasa bosannya bisa diusir jauh-jauh pake setumpuk buku. Tetap semangat :)