Thursday, December 22, 2011

Kidung pelipur lara




Aku menangis. Hiks hiks hiks.. Sediiih sekali rasanya. Sakiiit... Nyeriii... Nyut.. nyut.. nyut... di bagian dada /punggung kiri. Selain itu juga sakiiit hatiiii.. memikirkan bencana yang menimpaku ini.



Yach, pokoknya sedih deh. Berbagai upaya sudah dicoba tapi belum berhasil mengusir penyakit yang menjengkelkan ini.



Hiks hiks hiks… air mata kembali bercucuran.



Tuhan.. oh Tuhan… tolonglah aku…



Setelah menyebut nama Tuhan, aku merasa lebih tenang. Pelan-pelan aku mengatur nafas. Tarik nafas... lalu hembuskan pelan2. Lumayan... Rasanya enakan.



Lalu aku menyanyi.



Apaaa?? Menyanyi??? Pasti pada bingung dengernya.



Aku bukan biduan. Suaraku sama sekali nggak bisa dibandingkan dengan Syahrani yang belakangan banyak bikin orang sirik karena jambulnya, eh karena dia dapat kesempatan menyambut David Beckham. Tapi belakangan ini aku suka menyanyi untuk menghibur hati dan memuji Tuhan. Lagunya adalah lagu-lagu rohani lama, lagu sekolah Minggu dan lagu gereja.



Menyanyi ternyata bisa menghilangkan rasa sakit.



Ketika aku menjalani radiasi di RS Dharmais bulan Mei yll, aku juga sempat kesakitan karena harus berbaring di meja besi yang keras. Lalu aku menyanyi, lagu apa saja seingatnya. Mulai dari Halo-halo Bandung dan Ampar-ampar Pisang sampai Wave. Tapi aku menyanyi dalam hati. Komat kamit saja. Soalnya kalo kedengaran petugas, malu juga... hihihii....



Oh ya, ngomong2 soal pemeriksaan... hari Selasa, 13 Des 2011 yll aku menjalani pemeriksaan PET/CT Scan di RS Gading Pluit.



Hasilnya dikirim lewat kurir dan hari Sabtu sudah sampai di tanganku. Good news-nya tidak ada penyebaran di otak. Bad news-nya, ada penyebaran baru di tempat lain, seperti paru-paru dan tulang-tulang lain.



Untuk memastikannya, hasil PET/CT scan dibawa saudaraku ke RD Dharmais untuk ditunjukkan ke bu dokter.



”Nanti jam 17:30 kamu disuruh telepon ke dokternya,” kata saudaraku sepulang dari RS.



Jam 17:26 aku telepon bu dokter. Ia menyarankan bahwa aku harus menjalani kemoterapi selama 6x dengan jarak masing-masing 3 minggu.



Apa boleh buat. Kalau itu yang terbaik, mau nggak mau ya mesti dijalani. Seperti biasa, aku mau daftar untuk kelas 3. Tapi ternyata tidak bisa dilakukan segera.



”Tapi waiting list ya. Ada 30 orang yang juga mau kemo. Mungkin nanti bulan Januari baru bisa,” kata dokter.



Baiklah, dok. Sampai jumpa bulan depan.



Sementara itu aku terkadang masih bergumul antara meratapi nasib atau mensyukuri segalanya.



Kondisi badanku ini tak menentu, kadang2 rasanya enak, kadang serasa remuk redam. Nah, kalau lagi enak, aku tentu bersyukur atas banyak hal. Aku bersyukur, biarpun sakit, aku masih bisa bekerja. Untung bos baik hati, tidak keberatan ketika aku mengajukan jam kerja baru, dari jam 8-12 siang. Selain itu aku juga banyak mendapat dukungan saudara dan teman yang sudah seperti saudara. Juga ada dokter dan suster yang penuh perhatian.



Tapi kalau lagi pegel setengah mati atau lagi diserang rasa nyeri. Pinginnya ngomel dan marah2 atau nangis. Dalam kondisi seperti itulah aku merasakan betapa pentingnya kedekatan dengan Tuhan. Jadi .. dalam kondisi menderita, kita harus bersyukur karena hal itu membuat kita lebih dekat pada Tuhan. Lebih kuat, lebih tahan banting...

60 comments:

Pucca said...

sim, semoga selalu diberikan kekuatan yah! dont give up!
itu gmabar jambul khatulistiwa kamu bikin sendiri? kalo iya, berarti selera humornya masih tinggi ya :)

sima said...

makasih Vi atas dukungannya.
itu gambar ngambil di internet...hehehe..
katanya hati yg gembira adalah obat yg manjur. jadi sedapat mungkin kita banyak ketawa ya. asal jangan ketawa sendiri di jalanan, ntar diikutin anak2 kecil sambil disorakin....

Titah said...

Sudah pernah coba Tahitian Noni Juice, Say? Dalam 92nd Annual Meeting of American Association for Cancer Research 2001, Tahitian Noni Juice masuk Top 10 Cancer Treatment, dan dialah satu-satunya di antara ke-10 itu yang masuk kategori Gentle Protector & Healer (tanpa efek samping). Sebagian fakta ilmiahnya yang sudah dipatenkan terkait breast cancer ada di:
https://www.google.com/search?q=Tahitian+Noni+breast+cancer&btnG=Search+Patents&tbm=pts&tbo=1&hl=en
Check it out, n kalo perlu sms aku di 0853 3678 0999.

Selamat Natal, kasih Tuhan selalu keajaiban dalam hidup Sima. :-)

yik said...

Mb Sima kan suaranya bagus, nggak perlu malu nyanyi di tempat umum :)) Big hugssss ya mbak. Take care!

Ferdinu said...

Mbak Sima, menyanyi itu salah satu terapi lho. Asalkan lagunya yg semangat seperti Maju Tak Gentar, Berkibarlah Benderaku, dll. hehe...
Mbak Sima, selamat Natal ya...damai dan kasih senantiasa besertamu. Amin.

lili said...

Sering baca blog Sima dari link-nya Viol, tp blm pernah comment.

Cuma ada 3 kata untuk Sima, hebat..hebat..hebat..

Di tengah2 segala pergumulan, Sima bisa berkarya (ngeblog n msh gawe), nyanyi, senyum. Aku gak bisa lho, sering2 malah ngeluh :(
Makasih, untuk segala curhatan di blog-nya. Dengan gaya Sima, certia sedih malah bisa menghibur :) Sungguh menguatkan.

Selalu angkat tangan untuk Tuhan ya, biar Dia yg turun tangan untuk semuanya :)

Selamat Natal...

sima said...

@Titah, aku blm pernah coba. itu mengkudu ya Titah? Di rumah ada pohon mengkudu. Dulu aku suka bikin jus campur mengkudu, tapi sekarang udah berhenti... Mungkin perlu dilanjutkan lagi ya?

@Yik - peyek di remet2, ngenyek yo ngenyek ning ojo banget2. wong suaraku jelek gini kok dibilang bagus.... tapi ya gpp.. hehehhehe.. itu merupakan compliment ya?

@Ferdinu - halo Ferdi, apa kabar ? Jogja rame ya musim liburan ini. kangen sama gudeg dan bakpia pathuk... Met Natal dan Tahun Baru ya.. Semoga Ferdi tetap semangat dan sehat.

@lili, trims ya dah mampir. paling gampang memang mengeluh dan aku jg sering melakukannya. hanya saja kalo dipikir2, mengeluh itu malah bikin masalah tambah berat. mendingan berpikir yg positif, yg bagus2 aja, yg enak2... hehehhe..
Selamat Natal juga ya. Tuhan memberkati kita semua...

ariany said...

halo sima.. lama gak mampir nih.. apakabar...
semoga sima selalu dikuatkan yah..

GBU dan selamat tahun Baru yaa..

*hugs*

Novi Djenar said...

Halo Sima

Aku dapat sms dari Feiny kemarin, katanya kamu masih di RS ya, ditemani oleh tabung oksigen? Sudah nyanyi belum pagi ini?

Salam tabik dari Sydney
Novi

Sudarsih (=Menuk) said...

Sima sayang, aku menemani dalam doa dari Monterey. Semoga rasa sakitnya tidak sering mengganggu. Semoga selalu menemukan penghiburan. Peluk hangat, -menuk

yik said...

Mbak Sima sayang, what an inspiration you have been - a strong cheerful soul and a wonderful writer who wrote from the heart. Your smile and clever wit will always be remembered. May you rest in peace.

Anas said...

Selamat jalan ke rumah Bapa, Kak Ebiet. Beristirahatlah dalam damaiNya.

Kitty said...

Mbak Sima, terimakasih sudah menjadi inspirasi saya yang luar biasa dalam menghadapi kanker. Mbak Sima benar-benar pejuang tangguh. Maafkan saya belum sempat berkunjung.

Apakah ada tahu alamat rumah duka? Mohon diinformasikan. Terimakasih banyak sebelumnya.(kittykatherina@gmail.com).

Patty said...

@Kitty, saya copast info dari FB-nya teman yg sdg melayat di rumah duka ya...mudah2an membantu :

Chrisinno Icn : ‎T Sima Gunawan siang ini disemayamkan di Rumah Duka Dharmais ruang F, Slipi. Rencananya Jumat sore akan dibawa ke Muntilan.
3 hours ago

Anonymous said...

RIP Mbak Sima, your strength, courage and patience will always be an inspiration.

Kitty said...

Trimakasih banyak Mbak Patty

Anonymous said...

RIP, mbak Bita.

Titah said...

Terima kasih Sima atas keteguhan & inspirasi yang selalu dibagikan, semoga beristirahat dengan tenang di pangkuan Tuhan...

novski said...

Selamat jalan mbak.

rita said...

We love you, Mbak Sima...

Anonymous said...

C U in heaven gate......

Anonymous said...

RIP mbak Sima...

Anonymous said...

Di Atas sana Tuhan pasti memeliharamu mbak...

Anonymous said...

Mbak Sima pasti sudah tenang dan senang sekarang, karena sudah berada di sisi apa di Surga..

Anonymous said...

Miss you, Mbak Sayang <3

Anggie said...

RIP Mbak sima . Asli saya kaget pas baca-baca comment diatas, masih gak percaya kalau mbak sima sdh tiada :( Baru kemarin2 saya dikasih advice buat ttp semangat ngjlnin hidup. Mbak Sima, selamat jalan. Semoga selalu bahagia disisiNya. Amin

:)

Anonymous said...

Really miss you, Mbak Sima!

echaimutenan said...

Huhuhu mb sima sudah meninggal? :( padahal saya baru semangat membaca blognya :( huhuhu


Rip mb sima ;( huhu

Anonymous said...

ternyata aku lebih ketinggalan, lama sekali aku tidak membuka blog ini. Apapun yg terjadi, mba sima sudah banyak mengalirkan energi positif buat aku menjalani hidup bersama cancer. Selamat jalan mbakyuku,,,

Anonymous said...

Wondering... How are you blogger? Berharap masih berjuang dan semangat. Karena adik saya sudah kalah. Semangat....

Anonymous said...

Oh dear.. baru baca komentar dari yang lain :(. Selamat jalan mbak Sima. Blog ini yang menjadi teman saya saat kebingungan mencari informasi tentang kanker. Mbak Sima, no pain anymore. Itu kata2 terakhir adik saya ketika tidak kuat kesakitan karena kemo.

Between Lines said...

Dear Sima, I am thinking about you again today. Hope you are happy and well wherever you are now. I still keep your last text message by the way...

Anonymous said...

Hi mbak...baru menemukan blog ini...perasaan senang, terharu, sedih, tersenyum ganti bergantu membaca tulisan anda. Ahh akhirnya perjuangan anda selesai ya mbak dan aku yakin perjuangan itu tidak sia-sia, banyak dibaca oleh teman maupun keluarga yang mengalami perjuangan yang sama. Semua sudah diatur ..kita diharap tetap ikhlas dan tabah menjalaninya..selamat jalan mbak..senang bisa menemukan blog nya..GBU

Ninik said...

Salam kenal mbak Sima..
Semoga mbak Sima bahagia di Sana ya..
Aku mohon ijin untuk memasukkan link web mbak Sima ya, karena blog ini benar2 blog yg sangat sangat membantu banyak orang terutama penderita cancer..
Luv U Mbak..meskipun aku belum kenal tapi dengan membaca blog ini sungguh aku membayangkan mbak Sima adalah pribadi yang energik, positive, menyenangkan, lucu, pantang menyerah hehe..jangan GR ya Mbak..
Rest In Peace Mbak Sima :)

Anonymous said...

It's been a year, Mbak. I know you're doing great up there, but I do miss you...

Anonymous said...

Здравствуйте форумчане.У меня такой дилемма к Вам, который знает как чинить пригласительную для мамы.Мы с мужем живем в Нью йорке около 2 лет(по грин карте), мама к нам уже прилетала, но делала туристическую визу сама. Теперь виза истекает, и надо подавать на новую, прилететь ей нуждаться к сентябрю ( к моим родам), поэтому хотим исполнять пригласительную.Но не знаем будто и где это делается? Подскажите гораздо направляться, alias это онлайн дозволено делать????Благодарна после ранее. [url=http://profvesti.ru/o-kirpichnom-stroitelstve/101-stroitelstvo-kirpichnykh-domov.html]ремонт квартир cвоими руками[/url]

Anonymous said...

I'm gone to tell my little brother, that he should also go to see this webpage on regular basis to get updated from most recent news.

Feel free to visit my webpage how to buy a car on bad credit
My web-site :: how to buy a car,buying a car,buy a car,how to buy a car bad credit,buying a car bad credit,buy a car bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,bad credit car loans,car loans bad credit,auto loans bad credit,bad credit auto loans,buying a car bad credit loans,bad credit loans cars,buying a car and bad credit,how to buy a car on bad credit,buying a car on bad credit,loans for cars with bad credit,auto loans for bad credit,buying a car with bad credit,how to buy a car with bad credit

Anonymous said...

If some one needs expert view concerning blogging and site-building after
that i recommend him/her to visit this webpage, Keep up the nice job.


Here is my web blog ... buy a car with bad credit
Feel free to surf my homepage - buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

Anonymous said...

Howdy would you mind letting me know which webhost you're utilizing? I've loaded your blog in
3 completely different web browsers and I must say this blog
loads a lot faster then most. Can you suggest a good hosting provider at a reasonable
price? Many thanks, I appreciate it!

Have a look at my webpage: how to buy a car with bad credit
My weblog : buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

Anonymous said...

lorazepam online high off ativan - natural remedies ativan withdrawal

Anonymous said...

Hello to all, how iѕ all, I thinκ
every one is getting mоre from this web site, and your vіews аre nice in support of
nеw viеwers.

Have a look at my web-ѕite instant payday loans

Anonymous said...

Dependant upon the top quality plus the selection of pounds plates, the marketplace is promoting it nowadays for approximately $30 to $100.


Feel free to surf to my blog best adjustable dumbbells

Anonymous said...

Hi there colleagues, fastidious piece of writing and good arguments commented here, I am really enjoying by these.


Also visit my page ... galaxy siv

Anonymous said...

While you can find other additional low cost brand names available, none
appear along with the top quality of Powerblocks.

My page :: http://www.getfitnstrong.com

Anonymous said...

Mbak....

Eka said...

what an inspiring woman. and you're now a beautiful Angel in heaven. Rest in Peace, Sister.

Tri Wahyuni Zuhri said...

Blog ini selalu menjadi inspirasiku dalam berjuang melawan kanker.. Walaupun mba sudah tidak ada, tapi blog ini akan selalu menginspirasi siapapun yang membaca dan mengenal mba... :(

Anonymous said...

:-(

Anonymous said...

You are so lovely, Mbak, a beautiful soul, and I am so blessed to have known you, no matter how brief it was... Rest in peace, Mbak Sima. We love you forever!

Unknown said...

Baru aja baca tulisan mbak (alm) sima dan komen2 lainnya

Happy and sad come altogether...

I thank to God for the strong sima and for the light that she shares through her writing


"See you in heaven"

popi said...

tanpa sengaja singgah di blog ini. Itu karena saya pengen tau perjuangan orang2 penderita cancer. Kakak tercinta saya juga terkena cancer payudara stadium 4. Blog ini saya menginspirasi untuk terus berjuang sampe titik darah penghabisan.

RIP mbak sima. thanks for your inspiration's blog

Anonymous said...

Miss you, Mbak Sima...

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

ErshinAwamu said...

RIP mba Sima....

http://makanansehatuntukkulit.blogspot.com/?m=1 said...

Terimakasih Infonya

kalo saya mah uda percaya dengan Pengobatan Tradisional apalagi yg alternatif saya yaqin it yg terbaik.

dari
Makanan Enak


Anonymous said...

RIP mb Sima.. Senang bisa menemukan blog yg sangat menginspirasi ini.. Saya bayangkan mb Sima ramah, kuat, humoris, pantang menyerah.. Tpi itulah hidup cepat atau lambat akan kembali ke tanah..

cermin termin said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Mbak Sima, thank you for your encouraging and inspiring writings. Rest in heavenly peace

Unknown said...

agartala escorts
| call girl
| call girl at agartala
| call girl near me
| call girl service agartala
| call girls

Rita D said...

Ramadhan 2024 and missing you, Mbak Sima. It still feels like yesterday. Thank you for being such a great friend and inspiration.